-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Ahkir Priode, Andreas Agas Di Evaluasi

    Kamis, 30 November 2023, November 30, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T14:17:23Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Foto||Andreas Agas 


    Manggarai Timur, Indometro Id Opini, Di usia yang ke 16 kabupaten Manggarai Timur memiliki perubahan, mulai dari ekonomi, sosial, politik dan juga pendidikan. Hal ini terlihat di tren data statistik mulai dari tahun 2007 hingga sekarang.

    Data statistik menunjukkan kabupaten Manggarai Timur mengalami perubahan, dan tentunya perubahan yang di alami oleh kabupaten Manggarai Timur bukan atas dasar inovasi tetapi karena pembangunan berdasarkan program pembangunan prioritas pemerintah pusat.

    Tentunya semua daerah mengalami perubahan bahkan mengalami perkembangan dan kemajuan hal ini atas dasar program pemerintah pusat yang telah mencanangkan anggaran begitu banyak namun pembangunan itu mulai dari Desa.

    Program pemerintah pusat ini terbilang sukses sehingga jangan heran kalau semua daerah mengalami perubahan dan kemajuan.

    Dalam melihat populasi penduduk kabupaten Manggarai Timur terhitung sejak tahun 2010 hingga 2020, penduduk usia yang produktif tergolong lebih tinggi ketimbang usia yang tidak produktif artinya secara laju ekonomi berdasarkan usia yang produktif maka Manggarai Timur berpotensi untuk maju.

    Apakah data statistik ekonomi Manggarai Timur mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, yang pasti sangat meningkat karena faktor paling utama adalah usia yang produktif di kabupaten Manggarai Timur sangat tinggi ketimbang usia yang tidak produktif.

    Pada tahun 2007 kabupaten Manggarai Timur salah satu kabupaten yang otonom baru yaitu pemekaran dari kabupaten Manggarai, sehingga secara pemerintahan tentunya ini membawa dampak yang sangat positif bagi pelayanan publik.

    Karena semakin sempit wilayah dalam suatu pemerintahan itu maka semakin bagus juga pelayanannya, sehingga seluruh dinas lebih khusus dinas kependudukan dapat minimalisir dengan baik sehingga dalam kurun waktu satu tahun tertentu seluruh Manggarai Timur dapat memiliki kartu tanda penduduk atau disingkat KTP.

    Hal ini tentunya merupakan dampak positif dari daerah otonom baru dan juga pembangunan, baik fisik maupun nonfisik sehingga sampai sekarang kabupaten Manggarai Timur memperoleh kemajuan yang signifikan lebih khusus pembangunan infrastruktur jalan, Air Bersih, Listrik Dan pembangunan manusia.

    Terkait kondisi sosial kabupaten Manggarai Timur sangat tergolong baik karena adat dan budaya sangat melekat di kabupaten ini pada umumnya sehingga hal ini pemerintah kabupaten Manggarai Timur akan fokus pada kerja ketimbang daerah-daerah yang rawan akan konflik.

    Kemudian dalam bidang politik, kabupaten Manggarai Timur mengalami perubahan juga walaupun ada sedikit yang kurang seperti mempraktekkan KKN, hal ini menjadi contoh adalah bagaimana lingkungan keluarga penguasa kabupaten Manggarai Timur seperti mendorong istri dan anak untuk menempatkan posisi strategis di pejabat publik .

    Sehingga ini meninggalkan legacy yang kurang baik tapi menjadi hal terbiasa saja karena kita menganut sistem Demokrasi yaitu rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

    Segala penentuan sebagai penjabat publik, baik yang duduk di eksekutif dan legislatif tentunya hak sepenuhnya masyarakat sebagai pemegang kunci, apakah menentukan hak pilihnya berdasarkan rasional atau irasional namun semua orang tidak bisa mengintervensi dengan hal itu.

    Terakhir menyangkut dengan Pendidikan, kabupaten Manggarai Timur telah menyiapkan anggaran untuk dapat memberikan sarana dan prasarana agar pembangunan manusia dapat di tingkatkan terhitung ini semenjak era presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pembangunan manusia telah menjadi prioritas utama agar kedepan kita dapat memperoleh kemajuan.

    Namun anggaran terbatas sesuai APBN sehingga faktor pendukung seperti pembangunan infrastruktur jalan kurang di perhatikan di masanya hingga era Jokowi pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritasnya hal ini ia menggelontorkan dana setiap Desa.

    Pencapaian presiden Jokowi tentunya karena keberhasilan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memberikan fondasi yang sangat kuat seperti sumber daya manusia yang mumpuni bagi seluruh rakyat Indonesia hal ini dilihat dari pembangunan prioritas kala itu.

    Sehingga semua daerah dapat maju karena telah di gelontorkan Dana sedemikian besar, namun Dana yang begitu besar kadangkala tidak tepat sasaran seperti Dana Desa yang telah di berikan namun atas dasar prioritas pembangunan pemerintah pusat hal ini saling kontra antar kondisi dan potensi di  setiap daerah maupun Desa 

    Sehingga banyak pembangunan yang mubasir atau tidak di pakai, dan tentunya ini merugikan negara dan juga masyarakat itu sendiri.

    Kabupaten Manggarai Timur hingga sekarang masih tergolong tertinggal karena ada wilayah-wilayah yang belum tersentuh oleh pembangunan dan hal ini tidak bisa di nafikan lagi oleh seluruh masyarakat Manggarai Timur maupun pemerintah.

    Tentunya pemerintah kabupaten Manggarai Timur telah bersusah payah untuk membangun kabupaten Manggarai Timur seperti pinjaman ke Bank untuk pembangunan infrastruktur jalan sehingga ahkir-ahkir ini atau terhitung pada tahun 2023, pemerintah kabupaten Manggarai Timur telah masifkan pembangunan seperti infrastruktur jalan Hotmix.

    Walaupun pembangunan ini di anggap sukses, namun rupanya telah mewariskan hutang pada pemerintahan yang akan baru dan lebih khusus masyarakat Manggarai Timur, namun itikad baik ini wajib di apresiasi dan telah menjadi atensi kita bersama.

    Terhitung pada periode 2019-2024 pemerintah kabupaten Manggarai Timur telah berusaha semaksimal mungkin sehingga di tahun ahkir 2023 ini, pemerintah telah sukses membangun infrastruktur jalan di setiap kecamatan walaupun pembangunan ini banyak menuai kritikan dari masyarakat karena hanya membangun di ahkir priode dan musim hujan.

    Terlihat dari respon masyarakat di beberapa wilayah, mereka mengatakan pembangunan ini hanya asal jadi dan tentunya kualitasnya tak dapat menjamin karena di kerjakan musim hujan.

    Tetapi dalam beberapa kali kesempatan seperti di media, pemerintah kabupaten Manggarai Timur dalam hal ini Bapak Andreas Agas menyatakan bahwa, pembangunan di Manggarai Timur bukan untuk memuaskan orang tapi kita pastikan keberpihakan kita kepada rakyat dan kehidupan.

    Pernyataan ini tentunya sulit bagi kita karena jawaban ini dari seseorang pejabat publik yang telah di berikan mandat oleh masyarakat namun sebagai manusia biasa tentunya pernyataan ini merupakan pernyataan yang normatif sehingga untuk memahami lebih dalam kita serahkan sendiri kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini