-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bahaya Polip Jika Tidak Di Obati

    redaksi
    Selasa, 28 Februari 2023, Februari 28, 2023 WIB Last Updated 2023-02-28T09:09:25Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh




     Bahaya polip hidung perlu diwaspadai, karena bisa menyumbat saluran napas bila ukurannya makin membesar dan tidak diobati. Selain membuat penderitanya sulit bernapas, kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi di area hidung maupun rongga sinus.  

    Polip hidung ditandai dengan benjolan di dalam hidung akibat adanya pertumbuhan jaringan lunak. Sebagian besar penderita polip hidung sering kali tidak sadar memiliki benjolan tersebut karena tidak terlihat dan gejalanya mirip alergi atau pilek, sehingga berasumsi bisa membaik dengan sendirinya. Padahal, polip hidung bisa saja makin membesar dan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

    Beragam Bahaya Polip Hidung

    Berikut ini adalah beberapa bahaya polip hidung yang dapat terjadi bila tidak segera mendapatkan pengobatan:

    1. Perubahan bentuk hidung

    Polip yang membesar dan dibiarkan tanpa pengobatan dapat menekan jaringan hidung atau sekat antarlubang hidung, sehingga hidung bisa mengalami perubahan bentuk. Masalah ini juga sering kali diiringi dengan keluhan hidung tersumbat dan pilek terus-menerus.

    2. Sleep apnea

    Sleep apnea juga merupakan salah satu bahaya polip hidung bila dibiarkan tanpa pengobatan. Ini karena ukuran polip yang besar bisa membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas melalui hidung dan bahkan terhenti sementara saat tidur.

    3. Sinusitis

    Salah satu bahaya polip hidung lainnya adalah sinusitis, yaitu peradangan pada lapisan dalam rongga sinus. Lendir yang diproduksi dalam sinus tidak bisa mengalir keluar bila ada polip hidung, sehingga memicu terjadinya infeksi sinus. Polip hidung juga bisa membuat penderitanya rentan mengalami infeksi sinus berulang.

    4. Meningitis

    Polip hidung yang tidak ditangani juga bisa menyebabkan meningitis atau infeksi selaput otak. Meski jarang terjadi, kondisi ini sebenarnya dampak dari infeksi sinus yang sudah parah dan menyebar hingga ke lapisan pembungkus otak dan sumsum tulang belakang.

    5. Selulitis orbital

    Selulitis orbital merupakan infeksi yang terjadi pada jaringan di sekitar mata. Kondisi ini juga bukan dampak langsung dari polip hidung, melainkan dipicu oleh sinusitis yang berat. Selulitis orbital bisa membuat penglihatan penderitanya terganggu hingga mengalami kebutaan.

    6. Perburukan asma

    Polip hidung dapat memperburuk gejala serangan asma. Benjolan dalam hidung tersebut tentunya bisa makin memperparah penyumbatan di hidung, padahal asma sendiri telah menyebabkan saluran napas tersumbat. Pada akhirnya, serangan asma makin memburuk.

    Untuk mencegah berbagai komplikasi di atas, polip hidung perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa terapi yang biasanya dokter berikan untuk mengatasi polip hidung:

    • Kortikosteroid, untuk mengecilkan polip dan mengurangi gejala yang adaSaluran Pernapasan
    • Antibiotik, untuk mengatasi infeksi bakteri
    • Antibodi monoklonal, untuk mengurangi ukuran polip dan gejalanya
    • Operasi, untuk mengecilkan atau menghilangkan polip bila beragam obat-obatan di atas tidak efektif

    Bahaya polip hidung bisa terjadi jika ukurannya membesar hingga menyumbat saluran napas. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala polip hidung, seperti hidung meler lebih dari 10 hari, nyeri di area wajah, fungsi indera penciuman menurun, atau selalu mendengkur saat tidur.

    Sumber : Alodokter

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini