-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Desa Paubekor Gelar Musrembandes RKP Desa Tahun 2023

Sabtu, 03 Desember 2022, Desember 03, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T06:02:59Z
iklan disini :



Pembukaan Musrembandes

Maumere, indometro.id- Jumat, (2/12/2022), bertempat di Aula Kantor Desa, Pemerintah Desa Paubekor Kecamatan Koting Kabupaten Sikka secara resmi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2023.


Musrenbangdes merupakan forum musyawarah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa guna membahas dan menyepakati rancangan RKP Desa tahun 2023 yang disesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan Desa dalam jangka waktu satu tahun. 


Musyawarah dipimpin Penjabat Kepala Desa Paubekor dan dihadiri oleh Camat Koting, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Paubekor, PLKB Kecamatan Koting, Pendamping Desa, Perangkat Desa, Tenaga Kesehatan,Ketua RT dan RW, perwakilan unsur masyarakat, tokoh masyarakat serta beberapa unsur lainnya. 


'Dengan memohon rahmat Tuhan yang Maha Kuasa dan seiijin dari kita semua, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembandes) dalam rangka penyusunan RKP Desa tahun 2023 saya nyatakan dibuka dengan resmi', ujar Penjabat Kepala Desa Paubekor, Maria Nona Kesna, saat membuka sidang. 


Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan, bahwa perencanaan Desa berasal dari masyarakat. Untuk itu, ia mengajak warga agar bekerja sama menyukseskan semua program kerja. 


'Karena pada hakekatnya pembangunan itu berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat', bebernya. 


Kegiatan diawal dengan laporan progres penyusunan RKP Desa dan laju pencapaian SDGs Desa oleh Sekretaris Desa, Mari Dua Lise, yang juga merupakan Ketus Tim Penyusunan RKP Desa dan admin SDGs Desa. 

 

Pendamping Desa Kecamatan Koting, Silvester Moan Nurak, menjelaskan kebijakan RKP Desa tahun 2023 diarahkan pada upaya pencapaian SDGs Desa. 


'RKP Desa tahun 2023 diarahkan pada pencapaian 18 tujuan SDGs Desa', ungkpnya. 


Para peserta serius mengikuti musyawarah

Ditambahkan, tahapan berikutnya dalam penyusunan RKP Desa adalah melakukan konsultasi ke pemerintah kabupaten. Kemudian, Pemerintah Desa berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk dilaksanakan Musyawarah Desa pembahasan dan penetapan RKP Desa. 


'Setelah musrenbangdes pemerintah Desa berkoordinasi dengan BPD untuk melaksanakan Musyawarah Desa pembahasan dan penetapan RKP Desa', tambahnya. 


Dalam pembahasan rancangan RKP Desa, ditampilkan matriks yang memuat seluruh program kerja. Satu-persatu program kerja dibahas, mulai dari penentuan prioritas kegiatan, pembidangan, besaran dan sumber sampai pada Rencana Anggaran Biaya. Peserta memberikan tanggapan terhadap beberapa item diantaranya menyangkut rencana anggaran biaya.


Kegiatan diakhiri dengan penyusunan rencana kerja tindak lanjut dan penandatanganan berita acara. Dilanjutkan dengan pentutupan sidang oleh Penjabat Kepala Desa Paubekor. 


'Dengan memohon rahmat Tuhan yang Maha Kuasa dan seiijin dari kita semua, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembandes) dalam rangka penyusunan RKP Desa tahun 2023 saya nyatakan ditutup dengan resmi', ujar Penjabat Kepala Desa Paubekor, Maria Nona Kesna, menutup sidang.(T/MMN). 






Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+