-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Apa Itu Berita? Apa Saja Jenis-Jenis Berita dan Ciri-cirinya

    Muhammad Zailani
    Kamis, 29 Desember 2022, Desember 29, 2022 WIB Last Updated 2022-12-31T17:15:28Z

    Ads:


    Indometro.id | Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini. Membuat aktivitas kita sehari-hari tidak lepas dari yang namanya berita yang terus bermunculan di hadapan publik melalui media baik itu cetak, elektronik, online.


    • Lalu Apa Yang Di Maksud Dengan Berita

    Dikutip dari Wikipedia Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian besar khalayak umum/publik, melalui media berkala seperti surat kabar/cetak, radio, televisi, atau media online yang di akses melalui Internet.


    Bagi sesorang yang berkecimpung di dunia jurnalistik penulisan Berita yang baik dan informatif tidak lepas dari beberapa unsur, yakni 5W + 1H atau what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (kenapa), dan how (bagaimana).


    • Struktur Berita


    Apa yang dimaksud Struktur berita, Struktur berita ibarat sebuah piramida terbalik yang terdiri dari beberapa tahapan, yakni sangat penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.


    Contoh struktur berita


    1. Judul Berita
    2. Dateline atau tanggal penulisan
    3. Lead Berita atau alinea pertama berisi yang paling penting
    4. Body (tubuh) berita


    Berita sudah terbagi dari berbagai jenis yang disesuaikan dengan target dan kebutuhan pembacanya. Pembagian tersebut berdasarkan isi berita yang dibuat termasuk dilihat dari proses peliputannya, hingga penyajiannya.


    Adapun Jenis-jenis Berita dan Ciri-cirinya antara lain

    1. Straight News


       Straight News merupakan jenis berita langsung yang isinya ditulis secara singat, apa adanya dan lugas.

       Straight News terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu :
       • Hard News
       • Soft News

    2. Depth News


    Depth News merupakan jenis berita yang mempunyai isi yang sifatnya mendalam

    Depth News umumnya terdapat ulasan-ulasan yang mendalam terhadap suatu kejadian atau peristiwa. Selain itu Dept News mempunyai isi yang menonjolkan pada :
         • Kenapa suatu peristiwa dapat terjadi
         • Bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi

    3. Opinion News


    Opinion News merupakan jenis berita yang berisi mengenai pendapat, pernyataan dan komentar.

      4. Explanatory News


    Explanatory News atau biasa di sebut Berita pengungkapan adalah jenis berita yang sifatnya menjelaskan secara mendata dengan menguraikan suatau peristiwa berdasarkan data yang lengkap.

       5. Interpreatative News


    Interpreatative News adalah merupakan jenis berita yang dikembangkan daru Straight News dengan tambahan komentar dan juga penilaian yang berasal dari reporter ataupun narasumber yang berkompeten.

        6. Comprehensive News


    Comprehensive News adalah jenis berita yang berisi laporan mengenai fakta ari suatu peristiwa yang ditinjau secara menyeluruh dari berbagai aspek dan juga sudut pandang (Angle)

         7. Investigative News


    Investigative News dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan Interpreatative News, Explanatory News dan Depth News yakni perkembangan berita dari yang sudah ada sebelumnya. Bedanya Investigative News merupakan berita yang ditulis berdasarkan hasil penyelidikan yang di lakukan oleh wartawan, sama halnya polisi yang sedang menangani suatu kasus.


    Isi dari berita Investigative News berupa fakta yang membongkar suatu kasus kriminal ataupun penyelewengan yang berakibat kerugian terhadap publik, tak heran jika dalam penelusuran dan pengalian dan penyelidikan untuk berita ini para jurnalis harus bertindak layaknya seorang Intel bahkan hingga sampai bisa jadi mempertaruhkan nyawa seorang jurnalis itu sendiri.

         8. Feature Story


    Feature Story jenis berita ini tidak menyajikan suatu informasi yang penting untuk para pembaca, Di Dalam Feature Story penulis mencari fakta yang menarik pembaca dengan memberikan Reading Experiences yang ditulis menggunakan gaya penulis humor.


    Pewarta/Penulis : Muhammad Zailani

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini