-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Bos Badan Antariksa Rusia Dhimitry Rigozini di Berhentikan Oleh Vladimir Putin

redaksi
Senin, 18 Juli 2022, Juli 18, 2022 WIB Last Updated 2022-07-18T07:02:24Z
iklan disini :



Pemberhentian tersebut seperti tertuang dalam dekrit baru yang ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti diungkap dalam rilis resmi Kremlin.

Dalam dekrit ini, dikutip dari Space.com, Senin (18/7/2022), Putin menyatakan "Melepaskan Dmitry Olegovich Rogozin dari jabatan Direktur Jenderal Perusahaan Antariksa Negara Roscosmos."

Selain itu, dekrit tersebut dinyatakan "mulai berlaku sejak tanggal penandatanganannya." Putin selanjutnya mengumumkan pengangkatan Yuri Borisov sebagai Direktur Jenderal dari Roscosmos State Corporation.

Yuri Borisov sendiri sebelumnya adalah Wakil Perdana Menteri Rusia sejak 2018, dan pernah menjadi Wakil Menteri Pertahanan.

Media Meduza di Latvia menyebut, Dmitry Rogozin kemungkinan bisa ditugaskan lagi sebagai kepala staf untuk Putin, atau sebagai administrator yang mengawasi wilayah yang diduduki Rusia di Ukraina Timur, meski ini baru sebatas rumor.

Rogozin, dikutip dari The Verge, menjabat sebagai Direktur Jenderal Roscosmos sejak 2018. Sebelumnya, dia adalah Wakil Perdana Menteri sejak 2011, dan mengawasi luar angkasa dan pertahanan.

Sejak menjabat sebagai kepala Roscosmos, Rogozin dikenal sebagai sosok yang kontroversial, terutama karena ketegangan yang ditimbulkan dengan NASA, badan antariksa Amerika Serikat (AS) dan mitra terbesar Rusia di luar angkasa.

Rogozin diberi sanksi oleh AS pada tahun 2014, dan dilarang memasuki negara itu selama waktunya sebagai wakil perdana menteri, selama aneksasi Rusia atas Krimea



(sumber:liputan6.com)

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+