-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Kembangkan Pasar Kuliner, Pemko Gandeng LPM

    Hery Ferdian
    Jumat, 05 November 2021, November 05, 2021 WIB Last Updated 2021-11-05T02:17:16Z

    Ads:



    Pekanbaru, indometro.id -
     

    Dalam upaya pemberdayaan, serta meningkatkan ekonomi masyarakat, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) mengelola 15 sentra kuliner.

    Secara simbolis kerja sama tersebut dilakukan dengan penyerahan Surat keputusan (SK) Pasar Kuliner kepada 9 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LPM se Kota Pekanbaru oleh Kepala DPP, Ingot Ahmad Hutasuhut di ruang Multimedia Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

    Ingot menjelaskan, SK Pasar Kuliner diberikan kepada LPM, karena LPM adalah salah satu mitra pemerintah dalam pembangunan. LPM juga mempunyai struktur yang langsung menyentuh hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan. 

    ''Dengan penyerahan SK ini, diharapkan LPM akan bisa menjadi bagian dari pengembangan Pekanbaru sebagai sentra kuliner, dan ikut bersama masyarakat menggerakkan roda perekonomian daerah,'' ungkap Ingot.

    Ia berharap jajaran LPM dapat berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk memastikan teknis pengelolaan pasar kuliner, sehingga pengelolaannya tetap mengacu pada ketertiban umum dan bisa melibatkan masyarakat lebih luas.
    DPP, sebut Ingot, siap membantu dalam upaya melakukan pemetaan potensi kuliner di tiap lokasi.

    ''Ya, pasti tidak akan sama semuanya, pasti akan berbeda di tiap kecamatan dan lokasi. Karena itulah, bila diperlukan, kita siap untuk memberi masukan tentang model usaha termasuk spesifikasi kulinernya,'' ungkap Ingot.

    Dia juga berharap LPM dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, dalam pengembangan potensi wisata kulinernya.

    Sementara itu, Ketua LPM Pekanbaru, Sarjoko mengapresiasi dukungan pengembangan Pasar Kuliner yang dilakukan di 9 kecamatan pertama di Kota Pekanbaru oleh Pemko Pekanbaru. 

    Dia berharap jajaran LPM baik di kecamatan dan kelurahan bisa bersinergi dalam pengembangan ekonomi masyarakat. 

    ''Pemerintah Kota Pekanbaru sudah sediakan kolamnya bagi pengurus LPM di kecamatan dan kelurahan untuk mengembangkan usaha di Pasar Kuliner ini. Kita tinggal pancing ikannya,'' ungkap Sarjoko menganalogikan. 

    Dia menargetkan, paling lambat, dalam 3 bulan, 9 Pasar Kuliner di kecamatan se Pekanbaru sudah berdiri dan running. 

    ''Jadi kita harus kerja cepat, ini adalah kepercayaan, sekaligus amanah besar bagi LPM,'' ungkap Sarjoko.

    Adapun sentra kuliner yang akan dikelola LPM Kota Pekanbaru, rencananya akan didirikan di  Kecamatan Bukitraya, Limapuluh, Tenayanraya, Binawidya, Rumbai, Rumbai Pesisir, Sukajadi dan beberapa lainnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini