-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pihak Kecamatan Laksanakan Musdessus Penetapan SGDs Desa Tingkat Kecamatan Penukal

    Joni Karbot
    Rabu, 25 Agustus 2021, Agustus 25, 2021 WIB Last Updated 2021-08-25T13:57:51Z

    Ads:


    PALI, indometro.id- 

    Pemerintah Kecamatan Penukal melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) Penetapan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tingkat Kecamatan Penukal Tahun 2021 di aula kantor Camat Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Rabu 25/08/2021

    Hadiri dalam kegiatan Musdesus tingkat kecamatan sekaligus dibuka oleh Camat Penukal Kusteti, SE diikuti 13 Kepala Desa Perangkat Desa, Pokja SDGs Desa yang dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. hadir juga dalam kegiatan ini Tenaga Ahli pemberdayaan Kabupaten Pali, Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd, Kepala KUA Penukal dan juga pendamping desa serta pendamping lokal desa. Agenda yang dibahas dalam musyawarah desa tersebut adalah penetapan hasil pemutakhiran Data SDGs Desa Tingkat Kecamatan yang telah dilakukan Pemerintah Desa mulai dari pendataan tingkat Desa, RT, keluarga dan individu.

    Adapun hasil pendataan SDGs Desa tahun 2021 dari 13 Desa  yang disampaikan oleh Indra, SE selaku Pendamping Desa adalah sebagai berikut:

    1. Survey Desa

    Survey Desa yang telah diselesaikan terdiri dari data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, asset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastuktur dan lainnya sebanyak 13 Desa.

    2. Survey RT atau Dusun

    Jumlah Dusun yang telah didata sebanyak 54 Rangkap yang terdiri dari data lokasi, kepala Dusun, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosial budaya, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

    3. Survey Keluarga

    Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 7987 ( Tujuh Ribu sembilan Ratus delapan puluh tujuh) Rangkap, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

    4. Survey Individu

    Jumlah individu yang telah didata sebanyak 29.600 (dua puluh sembilan ribu enam ratus) rangkap, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

    Musyawarah Desa Khusus Tingkat Kecamatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh kepala Desa dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Tingkat Kecamatan ditandai dilanjukan penyerahan berita acara .

    Camat Penukal, Kusteti, SE menyampaikan kegiatan dihadiri oleh Semua Desa dalam wilayah Kecamatan Penukal, sebanyak 13 Desa Defenitif, masing-masing desa telah selesai penetapan, sehingga hari ini kita lakukan penetapan di tingkat kecamatan Penukal.

    "Musyawarah Penetapan SDGs Tingkat Kecamatan, Alhamdulillah dihadiri oleh 13 Desa Defenitif,  Kepala Desa, Ketua Pokja SDGs Desa dalam wilayah kecamatan Penukal, berjalan sesuai yang diharapkan bersama" ujarnya

    Selanjutnya ibu Camat Juga menerangkan bahwa Musyawarah Penetapan SDGs Tingkat Kecamatan  di bumi Serepat Serasan ini.

    " Penetapan Tingkat Kecamatan sesuai informasi ini yang pertama, karena setiap desa telah selesai Musdesus Penetapan SDGs Desa" Pungkasnya.

    Hal ini dibenarkan oleh Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd selaku koordinator Kabupaten (Korkab) Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) ketika diwawancarai media, membenarkan bahwa ini yang pertama dari lima Kecamatan se Kabupaten Pali, yang baru melaksanakan yaitu Kecamatan Penukal.

    "Musyawarah penetapan SDGs Desa Tingkat Kecamatan yang dilaksakan ini yang pertama se kabupaten, semoga kecamatan lain dapat segera melaksanakan, kerena ini sudah memasuki bulan Perencanan" Kata Korkab Pali.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini