-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

TPP P3MD Pali Sambut Baik Aplikasi SIA BUMDes

Joni Karbot
Jumat, 16 Juli 2021, Juli 16, 2021 WIB Last Updated 2021-07-18T02:16:48Z
iklan disini :




Pali, Indometro.id - 

Tenaga Pendamping Profesional, Program Pembangunan Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (TPP - P3MD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan.

Sambut baik dengan hadirnya Formula baru Aplikasi SIA BUMDes yang merupakan Inovasi baru sistem Akuntasi BUMDesa salah satu produk Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Sikap Konsisten ini disampaikan Korkab TPP P3MD Kabupaten PALI Riva Yanti, S.Si. S.Pd. M.Pd,  Didampingi Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) yang selama ini membidang BUMDesa Taufik, SE. 

Menjelaskan pada awak Media ini usai mendampingi Kegiatan Bimtek Aplikasi SIA BUMDes oleh BPKP SUMSEL di Desa Tanah Abang Kecamatan Tanah Abang ( 16/7/2021).

Menurut Taufik,  bahwa Aplikasi ini sangat membantu tata kelola dan sistem Akuntasi BUMDes, sehingga para Para pengelola BUMDes  bila mengikuti petunjuk dan panduan Aplikasi,  maka dengan mudah membuat laporan kegiatan keuangan secara sistematis dan terinci.

Yang lebih menariknya Aplikasi ini, disamping secara offline,  setelah dimasukan data data keuangan, Aplikasi ini akan memberikan rincian dan jurnal keuangan secara sistematis. 

Lanjut TAPM ini,  kelanjutan penerapan  Bimtek Aplikasi ini,  TPP P3MD akan berkaloborasi dengan Dinas PMD PALI dan Pemerintah Desa.

Sebagai acuan sederhana,  nantinya para peserta Bimtek akan diarahkan membuat kelompok belajar setiap Kecamatan, sehingga efektivitas belajar nya dapat mudah diserap dengan baik sehingga menjadi terampil,

Ujar TAPM yang selama ini membidangi BUMDes.

Demikian Kadin PMD Kabupaten PALI Agani Akhmad melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan TTG dan  Edy Irwan, SE, M.Si menegaskan bahwa Dinas PMD PALI akan selalu konsisten untuk mendukung berbagai Kegiatan dinamika Pembangunan Desa,  termasuk peningkatan Kapasitas BUMDes. 

Tambah Edy Irwan,  mendorong para Kepala Desa,  agar menginisiasi kemajuan BUMDes nya masing masing, terus ber inovasi sehingga kedepan Bumdes menjadi pondasi pergerakan ekonomi kerakyatan dan Pendapatan Asli Desa ( PAD). 

Harap Kabid PM dan TTG ini. 

Editor: Joni Karbot

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+