-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Selain SISKEUDES BPKP Kembangkan SIA BUMDES, Dinas PMD Gandeng BPKP Sumsel Hadir Di Pali.

Joni Karbot
Jumat, 16 Juli 2021, Juli 16, 2021 WIB Last Updated 2021-07-16T16:52:37Z
iklan disini :





PALI,  indometro.id- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) wilayah Sumatera Selatan,, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Sistem Informasi Akutansi (SIA) BUMDes diwilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. di Gedung Serbaguna Cahaya Indah Desa Tanah Abang, Jumat (16/07)

Dihari kedua Acara Bimbingan Teknis Tata Kelola dan Sistem informasi Keuangan Bumdes, diikuti peserta utusan 44 Desa dari 5 Kecamatan terdiri dari Sekretaris  dan Operator Desa Se kabupaten PALI dengan Tetap mematuhi Protokol kesehatan Covid 19.

kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kadin PMD Kabupaten PALI Agani Akhmad, SH, MM diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan TTG, Edy Irwan, SE,MSi, Dalam sambutan nya, Kabid. TTG dan Pemberdayaan ini,  mengajak para peserta agar dapat mengikuti secara fokus dan bersungguh- sungguh, sehingga berbagai materi yang disampaikan Narasumber dapat diserap dengan baik.
Tambah Edy Irwan, Bimtek ini merupakan upaya Pemda PALI melalui Dinas PMD untuk mendorong Peningkatan SDM Pengelolaan Manajemen Badan Usaha Milik Desa, Sehingga ke depan diharapkan setiap Bumdes dapat berinovasi sesuai Potensi Desanya masing masing, yang tentunya bila dikerjakan dengan baik akan melahirkan pilar ekonomi Kerakyatan sebagai icon kemajuan Desa.
“Dinas PMD mendorong Peningkatan SDM Pengelolaan Manajemen Badan Usaha Milik Desa lebih baik lagi, akan dibimbing langsung oleh BPKP Sumsel” Katanya.

Kegiatan langsung dipandu dari BPKP Sumsel,  Korkab TPP P3MD Riva Yanti, S.Si. SPd.M.Pd, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM/ TA-PED) Taufik,SE. didukung jajaran Dinas PMD serta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa ( Akadir dan Sutrisno) bersama Perangkat Desa Tanah Abang jaya.

Dengan Narasumber dari BPKP secara bergantian menyampaikan materi, Muhsin, SE. MM sebagai Ketua Tim Pemberi Materi Bimtek didampingi Suharto, yang kedua nya  sebagai Mentor Ahli BPKP Sumsel  menjelaskan pada awak media ini,  “Bahwa kehadiranya di Kabupaten PALI untuk memberikan formula baru aplikasi SIA BUMDes suatu upaya mengedukasi para pengelola Bumdes untuk cerdas dan terampil” ujarnya.

Lanjut Muhsin,  Aplikasi ini diciptakan BPKP untuk memudahkan para pengelolaan  BUMDes membuat pelaporan secara sistimatis dan terinci sesuai peruntukan Dana yang dibelanjakan.
Jelas Tim Auditor BPKP ini,  adapun tahapan pengenalan Aplikasi SIA BUMDes, dari tahapan Sosialisasi,  Bimbingan Teknis hingga penerapannya dilapangan dalam manajemen keuangan Bumdes.
Nantinya, pihak BPKP bersama Dinas PMD PALI akan terus melakukan evaluasi secara kontinyu,  sehingga output dari Bimtek ini dapat bermenfaat dan berdaya guna untuk kemajuan BUMDes se Kabupaten PALI.
Disamping itu,  Muhsin memberikan warning pada pengelola bumdes,  yang belum melengkapi dokumen registrasi legalitas Bumdes nya.
Juga di himbau pada peserta Bimtek,  agar terus belajar secara berkelompok sehingga menjadi trampil dan Cerdas” Pungkasnya

Dan acara ini didukungan Segenap Jajaran Dinas PMD bersama BPKP , Pihak Kecamatan dan Pemerintah Desa, Penyelenggaraan Bimtek di Desa Tanah Abang, Irwan Kepala Desa Tanah Abang Jaya sebagai fasilisator kegiatan,  menyambut baik adanya Bimtek seperti ini,  sehingga akan menambah wawasan dan Pengetahuan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan BUMDes dengan baik.
Namun untuk kematangan kelanjutan kegiatan Bimtek seperti ini,  Kades Tanah Abang Jaya ber harap Pada BPKP Sumsel dan instansi terakait,  “untuk terus memantau dan Mengedukasi para pengelola Bumdes se Kabupaten PALI untuk menjadikan BUMDes sebagai motor penggerak ekosistem Ekonomi kerakyatan ditengah Pandemi Covid 19” ungkapnya.
Editor: Joni Karbot


Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+