-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Haslila Farida Dianggap Pantas Mewakili Kaum Wanita Menuju BPD Desa Marapokot

    Rabu, 28 Juli 2021, Juli 28, 2021 WIB Last Updated 2021-07-29T03:11:33Z

    Ads:




    Nagakeo, Indometro.id - Secara yuridis, tugas Badan Permusyawaratan Desa mengacu kepada regulasi desa yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

    Badan Permusyawaratan Desa yang selanjutnya disingkat BPD atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

    Dalam Permendagri No.110/2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

    Selain melaksanakan fungsi diatas, Badan Permusyawaratan Desa juga mempunyai tugas sebagai berikut.
    BPD mempunyai fungsi:

    1.membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa;

    2.menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa; dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

    3.BPD mempunyai tugas:
    -menggali aspirasi masyarakat
    - menampung aspirasi masyarakat
    - mengelola aspirasi masyarakat
    - menyalurkan aspirasi masyarakat
    - menyelenggarakan musyawarah BPD
    - menyelenggarakan musyawarah Desa
    - membentuk panitia pemilihan Kepala Desa
    -menyelenggarakan musyawarah Desa khusus untuk pemilihan
    - Kepala Desa antarwaktu
    -membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa
    -melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa
    -melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa
    -menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya
    dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Membahas itu semua tidak elok rasanya jika dalam sebuah laga perebutan kursi BPD tak bicara figur calon yang menjadi harapan dan andalan masyarakat desa.

    Dijaman serba moderenisasi, kaum melineal dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan sosial, bermasyarakat serta mampu mengendalikan sebuah kedaan dilingkungan sekitar khalaknya sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan atau sistem birokrasi dewasa ini kaum melenial berbondong-bondong melibatkan diri mereka agar masuk dalam sistem itu baik secara kompitisi atau diangkat secara langsung oleh sang penguasa.

    Disana nantinya mereka bekerja sembari belajar untuk bagaimana sejahterakan masyarakat. Dan hal itu merupakan tujuan pemerintah yang sesungguhnya.

    Sama halnya di Desa Marapokot saat ini. Desa Marapokot Agustus 2021 nanti, akan diselenggarakan laga demokrasi dalam hal ini laga perebutan 8 buah kursi yang akan diisi bagi mereka-mereka yang telah diberi kepercayaan oleh masyarakat  desa.

    Dari 8 kursi itu, 3 diantarnya akan diisi oleh srikandi pilihan kaum perempuan desa mewakili mereka untuk menyampaikan aspirasi ataupun hal lainnya yang berkenaan dengan urusan perempuan di dalam desa.

    Sisi kefiguran, wanitapun tak boleh salah kirim utusan. Jika saja salah kirim utusan maka, panggilan anda diistilahkan tekan satu, main facebook juga mode gratis.

    Haslila Farida figur yang tepat mewakili kaum perempuan di desa ini. 3 orang yang akan menduduki kursi BPD akan datang, salah seorang yang dianggap pantas menurut kaum hawa di desa itu adalah Haslila Farida.

    Mengapa Haslila Farida ? Karena, secara kematangan emosional, kualitas pendidikan serta  sosialiti tak kurang lagi pada dirinya. Soal pengalamanpun demikian, Dia telah terbiasa berargumen di forum apapun lantaran ia saat ini adalah seorang guru honorer di salah satu lembaga pendidikan.

    Komitmen Haslila maju BPD yaitu, membuahi aspirasi perempuan yang dianggapnya sejak dulu program-program desa yang berkaitan dengan urusan perempuan di Desa Marapokot belum sepenuhnya terkomodir secara baik.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini