-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    DPMD Pali Dan BPKP Sumsel Gelar Bimtek Tata Kelola Dalam Aplikasi SIA BUMDES

    Joni Karbot
    Kamis, 15 Juli 2021, Juli 15, 2021 WIB Last Updated 2021-07-15T23:24:58Z

    Ads:

    Pali, Indometro.id - 

    Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir,  menyelenggarakan Bimtek Tata Kelola Keuangan BUM Desa dengan menggunakan aplikasi SIA BUMDES. Bimbingan teknis tata kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan Tema " Kita Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan BUMDES dan Tata Kelola Keuangan BUMDES yang tertib dan akuntabel Di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Gedung Serbaguna Desa Tanjung Baru Kecamatan Penukal Utara, Kamis (15/07/2021)

    Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Do'a yang dipimpin oleh Amrullah. Bimtek Berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

    Sambutan sekaligus membuka acara Bimtek oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Pali, A Gani Akmad SH, MM diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna (Kabid PM&TTG) DPMD Kabupaten Pali, Edy Irwan, SE. M.Si menyampaikan pada saat sambutan Bimtek terkait Admistrasi dan Dokumen BUMDes dalam meningkatkan Pengelolaan dan Tata Kelola Keuangan BUMDes yang tertib dan akuntabel dengan harapan bisa diaplikasikan di Desa masing-masing.

    Ditambahkan oleh Kadin PMD menyampaikan Sebanyak 42 orang pengurus Bumdes dari 21 Desa, hari ini mengikuti kegiatan Pendampingan Penerapan Aplikasi atau Asistensi Implementasi Aplikasi untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Selatan yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

    Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Gambaran Umum, Tata Kelola dan Pengawasan Keuangan BUM Desa, Perkembangan dan Instalasi Aplikasi SIA BUMDES, Akuntansi Dasar, Akuntansi SIA BUMDES dan Implementasinya.

    Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDes ini disusun untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan BUMDesa, dengan aplikasi yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

    Dengan Narasumber dari BPKP Sumsel beserta tim secara bergantian menyampaikan meteri, Pengendali teknis (Dalnis) BPKP Sumsel, Suharto ketika diwawancari awak media menyampaikan Aplikasi SIA BUMDes setelah diinput nanti tampil di pencatatan keuangan dalam bentuk  jurnal bisa dilakukan offline sama dengan SISKEUDES, Apabila ada Regulasi perubahan baik  dari Menteri Keuangan atau Kemendesa PDTT maka aplikasi ini di-update dan disampaikan pemberitahuan terkait SIA Versi baru.

    “Melalui Bimtek ini, diharapkan para peserta dapat memahami tentang pengelolaan keuangan BUMDesa dan mengimplementasikan SIA BUMDesa sehingga dapat mempermudah BUMDesa dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan serta melakukan pengolahan data secara terkomputerisasi dan penyajian informasi keuangan yang akurat serta tepat waktu,” katanya.

    Dilanjutkan bahwa peran operator dalam mengoperasikan SIA BUMDes, diharapkan dalam menyusun laporan.

    "Aplikasi SIA BUMDes ini memudahkan membantu operator BUMDes dalam menyusun laporan Keuangan, ada 5 Laporan Keuangan yang dihasilkan dari aplikasi SIA BUMDES ini yaitu laporan raba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan neraca, laporan arus KAS dan cacatan laporan keuangan. Sehingga menginput bertransaksi, dapat menyajikan laporan tata kelola keuangan BUMDES" pungkasnya

    Ditempat yang sama Korkab TPP P3MD Kabupaten Pali, Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd didampingi TAPM  Taufik yang selama ini membidangi BUMDes (TA-PED) menyambut baik adanya Bimtek ini, Aplikasi Khusus BUMDes, Diharapkan kedepan BUMDes maju desa maju untuk Kesejahteran masyarakat desa.

    Editor: Joni Karbot

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini