Ticker

6/recent/Ticker-posts

SMKN 2 Takengon Ditetapkan Jadi SMK Pusat Keunggulan Sektor Lainnya di Aceh

TAKENGON, Pengembangan SMK Pertanian untuk mendukung ketahanan pangan berbasis potensi lokal melalui pendekatan implementasi laboratorium edukasi tani (Latera) dilakukan di Takengon. 

SMK Negeri 2 Takengon ditetapkan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan Sektor lainnya di Aceh. Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan an Kebudayaan (kemnedikbud) No 22/D/0/2021 Tertanggal 20 April 2021.

Ir. Ambar Pertiwi Ningrum MSi PhD IPM dari Universitas Gajah Mada mensosialisasikan program pendampingan pelaksanaan pengembangan SMK Pertanian Pendukung Ketahanan Pangan. Program ini akan lebih baik bila disandingkan dengan program SMK, Dinas Pertanian, dan penyuluh, sehingga siswa SMK lebih terberdayakan dalam masyarakat.

Untuk menghasilkan output yang handal perlu kreativitas pihak sekolah mengkomunikasikan program dengan pihak lain sebagai laboratorium lapangan. "Lulusan SMK menjadi motor penggerak ketahanan pangan," kata Toto Irianto, SP, kepala SMKN 2 Takengon.

Menurutnya, SMK Negeri 2 Takengon menjadi salah satu sekolah yang terpilih sebagai pusat keunggulan dari 8 sekolah yang ada di Aceh bersanding dengan 611 SMK yang ada di seluruh Indonesia.

“Tujuan dari pusat keunggulan ini menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau mejadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyuruh dengan dunia kerja serta di harapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya,” katanya.

Artikel Terkait