Ticker

6/recent/Ticker-posts

Walimatul Khitanan Daniel Alves Anak Pertama Yeldi Payobada Dan Fitri Di TMII Rumah Adat Anjungan Sumbar

Jakarta, indometro.id - Walimatul Khitan Daniel Alves Ananda Yeldi dan Fitri, yang dilaksanakan di Rumah Adat Anjungan Sumbar, TMII Jakarta, Minggu ( 04/04).

Khitanan atau sunat dilakukan karena merupakan kewajiban atau fardhu ain yang ditunaikan oleh para laki-laki muslim sesuai ajaran agama Islam dilaksanakan secara Adat dan sangat khidmat.

Acara Resepsi Walimatul Khitan yang dikemas dalam acara adat Minangkabau, dilokasi Rumah Adat Anjungan Sumbar, ini pertama Walimatul Khitanan. dihadiri Pemuka Adat : Datuk, Penghulu, Ninik mamak, Keluarga Besar baik yang ada di Jakarta maupun Palembang juga dari Padang dan undangan lainnya.

Acara Adat Makan bajamba merupakan salah satu tradisi makan masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. Makan bajamba adalah kegiatan makan secara bersama-sama.

Dibagi kelompok-kelompok Makan bersama ini diikuti ratusan orang. Mereka dibagi dalam kelompok-kelompok berjumlah 5-7 orang. Tradisi yang juga dikenal dengan sebutan makan barapak ini biasanya dilakukan masyarakat Minangkabau pada hari-hari besar keagamaan, pesta atau upacara adat, dan Resepsi Walimatul Khitan hari ini.

Peserta kelompok akan duduk melingkar bersama-sama dan masing-masing mendapatkan nasi serta aneka jenis lauk pauk di atas sebuah wadah.

Pengamatan wartawan media ini para undangan memberikan ucapan sebagai bentuk penyemangat dan memotivasi, tak sedikit yang menyampaikan doa dan selamat khitanan, ada yang menyebut supaya menjadi lebih tenang dan berani ada juga supaya Lancar tidak lupa tetap mematuhi Pertokol Kesehatan, 3M: Memakai masker, Mencuci Tangan dan menjaga jarak. Acara Didukung oleh Lenggo Musik, Entertainment Event organizer Musik Minang Indonesia. R Bundo EO, Senimanan dan Artis Minang Indonesia.

Semarak acara diisi oleh kegiatan adat dan budaya Minang yang telah tersusun Rapi, acara dipandu oleh MC Adat, Mursal Tanjung  dimulai pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB, acara inti Ninik mamak makan bajamba yang jarang dilakukan dirantau pada acara adat, yeldi payobada tergabung Forsebumi (Forum Seni Budaya Minang Indonesia, Forum komunikasi Artis Minang Indonesia (Forkami).

Penyemangat dan motivasi ucapan selamat dan do’a kepada Daniel Alves, Ucapan Selamat Khitanan dan doa sebagai penyemangat disampikan Joni Karbot Komisaris PT. VMN Owner Media Online WartaKitaNews.com, “Selamat ya adik ku Daniel Alves Semoga menjadi penyejuk hati orang tua dan harapan besar nanti, adindaku bisa menjadi anak yang berguna, serta berbakti pada orang tua. Jangan pernah tinggalkan shalat dan mengaji, bermanfaat bagi orang banyak dan menjadi berkah di dunia dan akhirat. Amin.”

“Selamat sudah berani dikhitan. Semoga kelak menjadi anak makin taat kepada Allah dan berbakti pada orang tua, tetap menjunjung adat dan budaya Minang serta berguna untuk orang sekitar. Amiin.”

Dt. Rajo Mangkuto disela-sela acara menyampaikan ucapan "Selamat terhadap Daniel Alves yang sudah dikhitan, semoga menjadi anak yang Sholeh berbakti pada orang tua, berguna bagi Nusa dan bangsa", selanjutnya Datuk juga mengucapkan "terimakasih atas partisipasi dan kehadirannya memenuhi undangan. Diharapkan tetap mematuhi Pertokol Kesehatan"pungkasnya.

Hal Senada disampaikan Dt H Tanagkodo menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua undangan, dikhususkan kepada Sumando Kapau Yeldi Payobada atas terselenggaranya adat budaya di tanah rantau, melestarikan budaya minang dikemas dalam acara Walimatul Khitan.

Selanjutnya disampaikan, Yaldi Payobada sekaligus Sekretaris Forsebumi (Forum Seni Budaya Minang Indonesia) ayah dari Daniel Alves ( Alves ) dan Isterinya Fitri ( Ibunda Daniel Alves) mengucapkan "terimakasih kepada seluruh keluarga, kerabat dan tamu undangan yang telah menghadiri acara Walimatul Khitan Daniel Alves"ujarnya.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi warga Minang di perantauan, untuk melestarikan dan mengenalkan budaya asli kita di tanah rantau"pungkasnya



Joni Karbot

Artikel Terkait