Ticker

6/recent/Ticker-posts

BPBD Kepulauan Tanimbar Diminta Sikapi Banjir Dan Longsor Di Desa Tutukembong



SAUMLAKI, indometro.id - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar Diminta untuk menyikapi banjir dan longsor yang terjadi di Desa Tutukembong Kecamatan Nirunmas. Kamis 1 April 2021

Akibat cuaca ekstrem, hujan lebat selama dua jam lebih sejak pukul 02 WIT dini hari ungkap Pejabat Kepala Desa Lodwik Batlayeri kepada Wartawan Minggu (4/4/2021).

"Batlayeri mengatakan, Akibat hujan lebat, sejumlah fasilitas umum seperti pagar sekolah, talud penahan tanah robo" ujarnya


Dikatakannya, Ketinggian air dalam aliran sungai itu mencapai 3 meter, membuat kepanikan warga desa seempat.

“Kalau sampai terjadi luapan sungai, maka bisa dipastikan semua rumah warga akan terendam banjir,”katanya.

Lodik menambahkan, diperkirakan panjang talud yang rusak bisa mencapai 40 meter, akibat derasnya air sungai. Pagar sekolah SMP 2 Nirunmas sepanjang 45 meter roboh.

“Sejumlah material longsor menutupi bahu jalan sehingga menghambat akses kendaraan yang melintas,”jelas Batlayeri.

“Saya sangat kuatir, kalau sampai ada hujan besar lagi maka dapat dipastikan, rumah warga di pesisir sungai akan roboh akibat longsoran tanah yang sudah tidak ada taludnya,”tambahnya.

Terkait dengan Bencana ini, sebagai Pejabat Kepala Desa Tutukembong pihaknya telah melaporkan kepada Camat sebagai pimpinan Wilayah Kecamatan Nirunmas soal bencana banjir dan longsor yang menimpa warga setempat. semoga dapat ditindaklanjuti secepatnya oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas PU/Binamarga untuk dapat membangun kembali talut yang roboh. (NFB/Red)


Artikel Terkait