Ticker

6/recent/Ticker-posts

Desa Sako Suban Gelar Pembekalan Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Dan IDM.

Musi Banyuasin, indometro.id- Dalam rangka pemutakhiran dan up dating data SDGs Desa berbasis pada indeks desa membangun (IDM) ke dalam sistem informasi desa (SID) yang dikembangkan oleh kementerian Desa PDTT, hari ini  sabtu (10/04) dilakukan pembekalan Pokja relawan untuk pendataan SDGs desa dan Peningkatan Kwalitas Indeks Desa Membangun (IDM) yang ada di desa Sako Suban dilaksanakan di Desa Lubuk Bintialo kecamatan Batanghari Leko kabupaten Musi Banyuasin.

Pembekalan dan Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Sako Suban, Karnadi menyampaikan agar segenap peserta pelatihan mengikuti dengan baik acara pembekalan hari ini, semoga desa kita dapat Melaksanan Pendataan SDGs sebagai acuan pembagunan berkelanjutan.

Untuk penugasan dan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK).

Adapun materi pelatihan Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin, Panduan Entry Data Desa disampaikan oleh Pendamping Profesional, Panduan Entry data survey Keluarga disampaikan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) selanjutnya Mekanisme Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh Pihak Kecamatan. Terkait Implementasi Aplikasi SDGs Desa dalam Pendataan dan survei yang akan dilakukan oleh tim pokja mencakup survei atau pendataan pada level desa, pendataan pada level rukun tetangga (RT) atau Dusun, pendataan pada level warga atau Individu dan pendataan pada level keluarga. Pelaksanaan survei dan pengumpulan data akan berlangsung mulai periode maret s.d mei 2021.

Melalui kegiatan pemutakhiran data SDGs desa dimaksudkan selain sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, juga dimaksudkan untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa.

(Joni Karbot)

Artikel Terkait