Ticker

6/recent/Ticker-posts

Kabupaten Magelang Selenggarakan Talkshow Penguatan Budaya Baca

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. saat menyampaikan paparan materi Talkshow. 
(Foto | Narwan Eska)

Magelang, indometro.id – Dalam upaya penguatan sisi hulu budaya baca guna peningkatan indeks literasi masyarakat Indonesia, Kabupaten Magelang menyelenggarakan talkshow secara live dan virtual, Kamis (1/4/2021). Acara digelar di Dinas Perpustakaan (Dispuspa) Kabupaten Magelang.

Talkshow tersebut menghadirkan narasumber Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M., Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP. Juga Bunda Litersasi Christanti Handayani, S.E., dan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang, prof. Dr. Suliswiyadi, M.Ag.

Talkshow tersebut merupakan bagian dari tiga kegiatan Forum Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat. Kegiatan lainnya yaitu pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Magelang Christanti Handayani, S.E. dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dan Perguruan Tinggi di Magelang.

Dalam sambutan pembukaan acara, secara virtual Bupati Zaenal Arifin menyampaikan dalam meningkatkan literasi Pemerintah Kabupaten Magelang telah mengadakan berbagai kegiatan. Seperti keharusan donasi buku bagi pegawai yang menerima kenaikan pangkat, jabatan, melakukan kunjungan daerah, dan pensiun.

“Juga dengan pemilihan Bunda Literasi dan Duta Baca Kabupaten Magelang,” katanya.
Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP.
(Foto | Narwan Eska)

Zaenal Arifin juga mengucapkan terimakasih kepada Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) yang mempercayakan Kabupaten Magelang sebagai salah satu penerima manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasin Inklusi Sosial. Yaitu dengan bantuan sarana dan prasarana untuk 14 Perpustakaan Desa di Kabupaten Magelang.

Disampaikan pula, prestasi lain kegiatan literasi di Kabupaten Magelang ditunjukkan dengan diterimanya penghargaan tertinggi Perpunas untuk Dispuspa Kabupaten Magelang, yaitu penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpusnas kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

Di sela acara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi mengatakan tujuan diselenggrakan forum ini adalah untuk memotivasi minat baca anak bangsa agar menjadi sumber daya unggul dan berdaya saing. 

“Talkshow kali ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Magelang saja. Terpantau diikuti pula oleh pegiat literasi di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkapnya. (Narwan Eska)

Artikel Terkait