Ticker

6/recent/Ticker-posts

Gubernur Sulbar Hadiri Launcing Wisata Kampung Ihing di Bulo.


Polewali Mandar,Indometro.Id,- Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polman,  Andi Nursami dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, menghadiri Launching Agro Wisata Kappung Ihing di Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar Selasa, (23/03/2021).

Ali Baal Masdar mengatakan, bahwa wisata agro yang berada di kampung Ihing ini perlu diapresiasi. "saya ingin kita semua bisa membangun tanpa merusak apa yang ada. Mari kita jaga lingkungan alam kita,"ajak Ali Baal Masdar Gubernur Sulbar saat menyampaikan sambutan.

Disampaikan, pemerintah provinsi telah memberikan dukungan terhadap objek wisata agro yang ada di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten Polman. Hal tersebut dibuktikan melalui pembangunan akses jalan menuju objek wisata yang sebelumnya sangat sulit dilalui masyarakat. 

"Diketahui bersama bahwa akses sebelumnya sangat sulit dilalui hingga ke desa-desa yang ada,  dan sekarang akses sudah bagus. Itu merupakan salah satu bentuk keberhasilan pemerintah daerah, tentunya atas bantuan dari pemerintah pusat sehingga program kerja pemerintah daerah dapat berjalan sebagaimana diharapkan," ujar mantan Bupati Polman dua periode itu 

Capaian dan keberhasilan tersebut, lanjut Ali Baal, diperuntukkan kepada  masyarakat yang telah mampu  mengembangkan salah satu objek wisata itu sejak 2012  melalui kelompok tani yang sukses menanam buah,  yang saat ini telah dinikmati secara bersama dan juga telah mengekspor hasil alamnya ke Malaysia,  Surabaya,  Kalimantan dan Makassar.

Melalui kesempatan itu, Ali Baal mengungkapkan, kedepan akan mencoba memulai mengelola di bidang pariwisata, seperti wisata air terjun,  objek wisata negeri di atas awan  yang mulai dikenal di kalangan masyarakat banyak.

"Objek wisata negeri di atas awan yang ada di Polman dinilai lebih besar daripada objek wisata lain,"tuturnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polman, Andi Nursami menyampaikan, di wisata agro tersebut terdapat beraneka macam tumbuhan, mulai dari durian, kopi,  jahe, jambu, apel dan saat ini pemda terkait bersama masyarakat mencoba menanam anggur yang diharapkan dapat berkembang di Polman.

"Kita sebenarnya sama-sama petani pak, insya allah kita sama-sama akan mengembangkan wisata bulo ini,"tuturnya 
Kepala Desa Ihing,  Jalaluddin Syam mengatakan, Wisata Agro Ihing sebelumnya hanya sebuah wisata biasa saja,  namun atas berbagai masukan dan saran dari para pengunjung maka wisata tersebut dilakukan pengembangan agro wisata buah yang kedepannya akan dipadukan wisata alam dengan luas lahan mencapai 15 hektar.
Sedangkan, akses yang ada dari tempat wisata ke jalan penghubung mencapai 1 KM yang saat ini dinilai sudah memadai dari sebelumnya. 

Meski demikian, kata Jalaluddin, pihaknya mengalami beberapa kendala seperti pendanaan terhadap pengelolaan wisata tersebut. 

"Lagi-lagi kami mengharapkan sentuhan dari pemerintah, karena sebenarnya kami selaku petani sudah berinovasi untuk mengembangkan wilayah, namun tinggal bagaimana pemerintah dapat menanggapi inovasi dan kreasi yang telah ada, "harapnya
Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala BPKP Sulbar, Hasuloan Manalu dan sejumlah undangan lainnya

Artikel Terkait