-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Di Tengah Pandemi Corona, MAN 1 Polman Sukses Gelar Pemilihan Ketua Osis. Dengan Sistem Luring dan Daring

    Anshar Arif Sofyan
    Minggu, 14 Februari 2021, Februari 14, 2021 WIB Last Updated 2021-02-14T14:51:18Z

    Ads:


    Polman,Indometero.id,- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Polewali Mandar, menggelar pemilihan Ketua OSIS atau Pilketos masa bakti 2021-2022 pada Sabtu (13/2/2021).
    Pilketos yang dilakukan  melalui luring terbatas dianggap menjadi pilihan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

    Selain bisa menghindari tumpukan  kerumunan dan mencegah penyebaran virus, cara ini dirasa efektif dan efisien dalam implementasinya.

    Wakamad bidang Kesiswaan MAN 1 Polman Bungarosi A, S.Ag, memberikan apresiasi kepada panitia pemilihan Ketua OSIS , kendati ditengah pandemic COVID-19 pemilihan Ketua OSIS  dapat dilakukan layaknya seperti pemilihan umum. 
     “sebagai wakamad  bidang kesiswaan, saya sangat gembira memberikan apresiasi kepada anak-anak kami yang bisa melakukan pemilihan Osis layaknya seperti pelmilihan umum, walaupun ditengah pandemic ini,  jadi jika dipemeilihan umum ada dikatakan KPU dan dikegiatan anak kami di beri nama KPO (Komisi Pemilihan Osis), ujar Bungarosi kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021). 
    Bungarosi menjelaskan bahwa pesta demokrasi yang dilakukan layaknya pemilihan umum ini sebenarnya sudah berjalan 6 tahun, namun karna masih dalam masa pandemic kegiatan ini dilaksanakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. sehingga dari 1300 peserta didik di MAN 1 Polman ini yang terbagi ke 32 kelas. Dari 32 kelas tersebut masing-masing mengutus 10 orang siswa untuk memilih secara Luring di MAN 1 Polman.

    Sementara itu, Pembina OSIS MAN 1 Polman, Husniati, S.Ag menjelaskan bahwa tahapan pemilhan Ketua OSIS periode 2021/2022 dimulai dengan pembentukan Komisi Pemilihan OSIS (KPO) dan Pengawas Siswa (Panwas) yang kemudian melakukan pengumuman pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS bekerja sama dengan Lembaga Pers Madrasah (LPM). Pengumuman tersebut dilakukan secara online melalui website MAN 1 Polman dan dibeberapa media social lainya.

    “alur dan proses yang kami lakukan dalam pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022 dimulai dari membentuk KPO dan PANWAS, kemudia KPO dan Panswaslah yang melakukan pekerjaan-pekerjaan mulai dari pengumumuan, akan adanya perekrutan bakal calon Ketua dan Wakil ketua OSIS MAN 1 Polman Periode 2021/2021,  ungkap Husniati kepada wartawan di Aula MAN 1 Polma
    .
    Husniati, mengatakan dari 1000 lebih siswa yang ada di MAN 1 Polman hanya ada dua pasangan calon yang berhasil memenuhi syarat dan mengikuti proses wawancara kemudian ditetapkan dari bakal calon menjadi calon Ketua dan Wakil ketua OSIS MAN 1 POLMAN.
    “setelah melalui proses penetapan, kedua Paslon diberi kesempatan untuk pencabutan nomor urut, setelah itu dilanjutkan dengan proses penyampaian Visi Misi. Dimana dalam penyampain visi mini kemarin  kita mengundang 10 orang dari tim sukses Pasangan nomor urut 01 dan 10 tim sukses dari pasangan nomor urut 2, kemudian kita juga mengundang semua Ketua OSIS SMA, SMU, dan MA sederajat di Kabupaten Polewali Mandar dan alhamdulilah mereka semua hadir di undangan kita”, bebernya.
    Yang membagakan, lanjut Husniati, kedua paslon ini bersaing dengan sehat dengan cara mengedukasih kepada pemilih mereka dengan menyodorkan Visi Misi yang nyata dan tidak ada kebencian satu sama lain. Selain itu semua proses yang dilakukan panitia yang merupakan siswa MAN 1 Polman dilakukan secara mandiri dan tetap dalam pengawasan Pembina.
    “Dari awal kami sudah tanamkan kepeda mereka saat sesi wawancara, bahwa kalian adalah satu, apalagi pada tahun ini mereka berasal dari unsur yang berbeda, dimana pasangan nomor urut 1 itu berasal dari kelas IPS dan Kelas Agama kemudia berasal dari organisasi yang berbeda dalam hal ini paslon nomor urut 1 berasal dari LPST dan Keagamaan. Sedangkan Paslon nomor urut 2 berasal dari kelas IPA dan Agama yang merupakan Duta Lantas Kabupaten Polewali Mandar dan Duta Gendre Kabupaten Polewali Mandar”, ungkapnya.

    Husniati mengakui, mesti pemilihan Ketua OSIS ini dilaksanakan masa pandemi COVID-19, namun dari pihak KPO, Pembina, dan Panwas selalu meberikan sosialisasi melalui media social seperti, Facebook, Instagram, Website Madarah dan WA group pada saat pemilihan memberlakukan mereka untuk mentaat protocol kesehatan (PROKES) sampai kemudia pada hari penetepan pemilihan, panitia sangat ketat kepada pemilih yang dating di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan melakukan pengecekan suhu badan.
    Menurut Husniati, Pilketos ini merupakan sarana edukasi kepada siswa sebagai calon pemilih pemula dalam Pemilu atau Pilkada.

    “Sebenarnya ini pembelajaran demokrasi politik kepada Siswa-siswi kami untuk menggunakan hak pilih mereka secara bertanggung jawab terjaga melalui Pilketos, sehingga kami betul-betul berpedoman kepada buku petunjuk penyelenggara KPU”, tutupnya.

    Untuk menjaga independensi , panitia khususnya KPO diwajibkan membuat akta integritas sehingga asas Luberjurdil bisa tergaransi.
    Adapun pasangan calon Ketua OSIS yang bersaing yaitu Lutfiyah Almansini – Muh.Taslim (nomor urut 1), Wahyu Hidayat – Indra ( nomor urut 2)

    Dari hasil perhitungan suara, terpilih dengan suara terbanyak adalah pasangan calon nomor urut 1, yaitu Lutfiyah Almansini – Muh.Taslim
    Rincian perolehan suara Antara lain, paslon nomor urut 1 memperoleh 254 suara, paslon nomor urut 2 peroleh 111 dan total suara sah adalah 365 suara.

    Dilihat dari angkat partisipasinya, dari total 468 daftar pemilih tetap (DPT), suara yang masuk sejumlah 369 dengan rincian suara tidak valid 4 dan dan suara valid 365.

    Seluruh rangkain kegiatan yang dilakukan dalam pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022, mulai dari tahapan pengumuman pemilihan Ketua OSIS hingga pada perhitungan suara ini, terus disiarkan langsung secara Live Streaming melalui Media social Lembaga Pers Madrasah, sehingga para orang tua siswa-siswa dapat menyakiskan langsung kegiatan pesta demokrasi yang berlangsung di MAN 1 POLMAN.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini