Ticker

6/recent/Ticker-posts

Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Bagi Tim Inti

 

Peserta tim inti dari 28 madrasah mengikuti bimtek penerapan e-rekam

Aceh Utara,  indometro.id - Dalam mengimplementasi aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik-Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (e-RKAM), sejumlah madrasah di Aceh Utara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan EDM dan e-RKAM. Kegiatan tersebut digelar selama lima hari sejak tanggal 4 hingga 8 Januari 2021, di MAN 2 Aceh Utara.

Kegiatan yang diikuti Tim Inti Madrasah (TIM) se-Kabupaten Aceh Utara yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) secara resmi dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Utara, H. Salamina, S.Ag, MA.

H. Salamina dalam sambutannya, selain memberikan motivasi juga mengingatkan, bahwa Bimtek ini sangatlah penting, karena ke depan pengelolaan dana BOS atau anggaran di madrasah akan berbasis teknologi dan aplikasi. Oleh karenanya, dibutuhkan tenaga yang kompeten dan mampu untuk melaksanakannya.

“Kegiatan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM ini diselenggarakan guna mengevaluasi diri madrasah dalam mengembangkan mutu lembaga pendidikan serta mengetahui kelemahan dan kendala yang dihadapi dalam lembaga pendidikan madrasah,” terangnya.

Koordinator kegiatan Bimtek, Nilawati, S.Pd kepada media ini mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan dari setiap madrasah, yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara BOS dan Operator. Mereka itu disebut dengan Tim Inti Madrasah (TIM).

“Sebanyak 84 peserta dari 28 madrasah yang tergabung dalam Batch 6 dan 7, baik jenjang MI, MTs maupun MA”, sebutnya. 

Dikatakan, bahwa yang menjadi narasumber adalah Fasilitator dari Tim Inti Kabupaten (TIK) Aceh Utara, yaitu Zulkarnain, S.Pd.I, MA, Aiyub, S.Ag, MA, Fachrurrazi, M.Pd dan Normala, S.Hi, MM.

“Selain menggunakan aplikasi EDM dan e-RKAM, para peserta juga berkalaborasi dengan sistem Google Meet melalui Class Room dengan akun edukasi yang telah disediakan untuk masing-masing peserta”, pungkas Nila yang juga Staf Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara.  

Mahdi

Artikel Terkait