Ticker

6/recent/Ticker-posts

Memulai Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Sulteng Laksanakan Apel Gelar Pasukan Lilin Tinombala 2020

 Polda Sulteng Laksanakan Apel Gelar Pasukan Lilin Tinombala 2020

Palu, indometro.id - Kepolisian Negara Republik Indonesia, secara serentak memulai pelaksanaan operasi lilin dalam ragka pengamanan natal 2020 dan tahun baru 2021.

Dimulainya operasi lilin di Sulawesi Tengah, hari ini ditandai dengan pelaksanaan Apel gelar pasukan operasi lilin Tinombala 2020 di lapangan Apel Polda Sulteng Jln. Soekarno Hatta Palu, Senin (21/12/2020) dipimpin oleh pelaksana harian Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mulyono.

Sekdaprov Sulteng dalam sambutannya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, antara lain mengatakan Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin2020” dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Jenderal Idham Azis juga menegaskan perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat   wisata,  yang   akan   meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, tegasnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga menerangkan, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran  Covid-19, sehingga  masyarakat  dapat merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19, harap mantan Kapolda Sulteng ini.

Apel Gelar Pasukan lilin tinombala 2020 di Polda Sultengh dihadiri oleh Forkompimda Sulteng, Pejabat utama Polda Sulteng dan Kepada Dinas atau Instansi terkait.

Polda Sulteng sendiri dalam pelaksanaan operasi lilin tinombala 2020 telah melibatkan gabungan TNI Polri dan mitra kamtibmas sebanyak 2.915 personil, serta membangun 53 Pos pengamanan dan 28 Pos pelayanan.

Laporan EP

Artikel Terkait