Ticker

6/recent/Ticker-posts

Foralis Bentan Resmi Bediri." Foralis Bentan Buka Calon Ketua Dan keanggotaan


   
Bengkalis, Indometro,id - Forum Jurnalis Bengkalis Bantan (Foralis Bentan) resmi didirikan berdasarkan akta notaris Hendra Almazani, SH,Sp.N  nomor 36 tanggal 20 Maret 2020 lalu.Berdirinya forum ini terlahir dari  niat yang tulus ikhlas dari rekan pers dan masyarakat Bengkalis Bantan yang mengiginkan adanya perkumpulan wartawan yang berdomisili dan menetap di Pulau Bengkalis.

Hal tersebut disampaikan salah satu inisiator pendiri Forum Jurnalis Bengkalis Bantan Yuswan Effendi (Iwan) saat menyerahkan SK tim seleksi pemilihan calon ketua Foralis Bentan,pada Jum'at (13/11/20) sore di Bengkalis.

Menurut Iwan, dibentuknya  perkumpulan ini sebagai wadah silaturahmi dalam upaya merajut kebersamaan jurnalis yang ada di  Bengkalis-Bantan yang selama ini terkesan terkotak-kotak atau berkubu-kubu.

Ditegaskan Iwan, meskipun wartawan yang tergabung dalam Foralis Bentan nantinya banyak yang telah tergabung dalam organisasi pers baik lokal maupun nasional, hal itu menjadi nilai tambah untuk memperkuat keberadaan Foralis Bentan.
 
"Meskipun identitas keorganisasian itu tetap melekat, tapi kami yakin itu justru positif, karena forum ini wadah komunikasi kita antar jurnalis dari berbagai media dan organisasi wartawan yang ada,” ucap Iwan.

“Hingga saat ini,  kita masih mendata teman pers melaui surat undangan dengan bantuan dari teman organisasi wartawan yang ada.Selain surat undangan dilampirkan juga Formulir isian keanggotaan dimana nantinya disampaikan oleh teman tim panitia seleksi," jelas Iwan.

Jelasnya lagi,keberadaan Foralis Bentan  juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas wartawan sebagai pilar keempat dalam demokrasi sehingga wartawan Bengkalis-Bantan dapat bekerja berdasarkan kode etik jurnalistik dan Undang-undang Pers.

“Kedepan, kita harap tidak ditemukan lagi wartawan Foralis Bentan yang bertindak tidak sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” harapnya.

Terkait pembentukan tim seleksi, Iwan mengatakan penseleksian calon ketua itu sangat penting,karena kita tidak ingin asal tunjuk.Kita ingin Ketua yang memimpin nantinya punya integritas dan berkualitas sesuai nawacita keberadaan forum ini.

"Kita ingin Kualitas. Artinya bisa membawa Forum Bengkalis-Bantan ini sesuai nawacitanya,"ujarnya.

Untuk keanggotaan tim seleksi, ditambah Iwan sudah memenuhi unsur.Ada dari wadah organisasi maupun non organisasi terwakilkan, mereka yaitu Ketua Supian (bengkalisinfo.com), anggota Yulistar (utusanriau),Mulyadi (cibernews.com), Reffi Erizal, S.akun (ranahriau.com) dan Indrajet (kupaskabar.com)

"Setelah itu, tim seleksi akan melakukan rapat untuk tahapannya. Dan akan dipublish jadwal maupun pensyaratannya di media maupun WhatSaap Group,"tukasnya. (anang)

Artikel Terkait