-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Masyarakat Minta Turap Sepanjang Sungai Indragiri Di Bangun

    redaksi
    Senin, 29 Juni 2020, Juni 29, 2020 WIB Last Updated 2020-06-29T03:49:54Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    minta Pemerintah Provinsi Riau membangun turap

    Riau, indometro.id - Masyarakat Indragiri Hulu,  minta Pemerintah Provinsi Riau membangun turap penahan tebing sepanjang lebih kurang lima kilo meter dibangun, karena selain untuk menahan tanah dari longsor juga mempercantik kota Rengat.

    Kota Rengat adalah pusat wisata,  pusat perekonomian masyarakat,  Jembatan Kuning (JK) atau disebut "Trio Amanah" sebagai penghubung sejumlah wilayah juga merupakan item memperindah kota, sementara turap di kiri kanan jembatan menjadi sarana pendukung jutrus belum optimal di bangun.

    " Turap mulai dari Danau Raja (DR) hingga Sungai Beringin perlu di permanenkan," kata salah satu warga Rengat, Doni M (50), Minggu (28/6).

    Ia mengatakan, Indragiri Hulu khususnya Rengat yang dikenal sebagai  "Kota Bersejarah"  memiliki objek wisata yang banyak, Kecamatan Rengat justru   lebih dikenal dengan danau raja, rumah tinggi, masjid bersejarah, Ruang Terbuka Hijau (RTH), memiliki daya terik sendiri dimata masyarakat.

    Sungai yang terbentang sepanjang Kota Rengat jika di optimal fasilitas seperti turap, taman bermain, justru dapat mendongkrak ekonomi masyarakat, pasalnya, wisatawan luar ramai berkunjung ke lokasi ini.

    " Instansi terkait sebaiknya memperogramkan peningkatan objek wisata tersebut, turap sepanjang sungai Indragiri adalah solusi faktor utama diperioritaskan," sebutnya.

    Salah satu wisatawan dari Sumatra Barat, Helina (34) yang sempat ke Kota Rengat mengatakan, sudah saatnya kota bersejarah Indragiri di tingkatkan pembangunannya, terutama areal pendukung objek wisata.

    " Pembangunan turap dan fasilitas bermain di utamakan, karena sepanjang hari, malam lokasi ini sangat senangi dan diminati masyarakat," ujarnya.

    Nilai ekonominya sangat tinggi jika Kota Rengat menjadi lebih cantik, indah dan bersih, justru saat ini sepanjang pinggiran sungai Indragiri terlihat tak terawat dengan baik, sampah banyak, rumput liar tumbuh dan ini mengurangi nilai positif bagi daerah.

    Instansi terkait mesti menerima masukan, saran dari masyarakat, karena kedepan objek wisata adalah salah satu alternatif untuk peningkatan kesejahteraan, akan mendatangkan jumlah wisatawan lebih besar, pedagang dapat menjajakan hasil kerajinannya, masakan, minuman khas dapat di perjual belikan di areal ini.

    " Banyak potensi yang dapat di kelola membantu masyarakat," jelas Helina.

    Selain itu, sepanjang sungai Indragiri dibangun arena pacu sampai kota, olahraga sore, taman bermain keluarga, dan pernah juga digelar acara mandi balimau, jika pengelolaan maksimal hasilnya akan berdampak luas untuk banyak pihak. (Asri)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini