Ticker

6/recent/Ticker-posts

8 Parpol Sepakat Usung Rasyid-Anwar Lawan Petahana Romi-Robby, Juber: Tunggu Proses di DPP

Suhu politik di Tanjabtim jelang Pilkada tahun 2020
MUARA SABAK, indometro.id - Suhu politik di Tanjabtim jelang Pilkada tahun 2020 kini semakin terasa. Seperti yang terjadi hari ini, para pimpinan-pimpinan partai besar di Kabupaten Tanjabtim telah menemui kata sepakat akan mengusung bakal Pasangan Calon (Paslon) untuk melawan calon independen atau petahana Romi-Robby (R2) pada 9 Desember 2020 mendatang.

Rapat internal yang digelar di aula kantor DPD II Golkar Kabupaten Tanjabtim, Senin (29/06/2020) tersebut dihadiri oleh para pimpinan dan petinggi partai. Seperti Ketua DPD II Golkar Tanjabtim, H. M. Juber, Ketua DPD PDI-P Tanjabtim, Gatot Sumarto, Sekjen DPD Partai Nasdem, Abdul Hafiz dan Ketua DPC Partai Gerindra Tanjabtim, Azhar Idris.

Sementara untuk partai Hanura dan PBB mengikuti rapat dengan menggunakan video teleconference. Kemudian juga ada dua partai di luar parlemen yang ikut sepakat dalam pengusungan bakal pasangan calon, yakni PKS dan PPP.

Ketua DPD II Golkar Kabupaten Tanjabtim, H. M. Juber, saat di jumpai di kantor Golkar Tanjabtim seusai kegiatan mengatakan, saat ini ada nama yang bakal diusung pada Pilkada Tanjabtim 2020 sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim.

"Semuanya ada Delapan partai. Kami sepakat, untuk mempersiapkan dan mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk ikut serta dalam kontes di Pilkada Tanjabtim," terangnya.

Dari hasil rapat tersebut diperoleh titik temu untuk memproses dua nama yang berpasangan. Yang mana kiprah keduanya tentu berkaitan erat dengan Kabupaten Tanjabtim.

Mereka berdua yaitu, Abdul Rasyid yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Tanjabtim yang akan dicalonkan menjadi Bupati Tanjabtim.

Sementara untuk pasangannya yaitu, H. Anuar yang merupakan mantan Anggota DPRD Tanjabtim periode 2014-2019 dari partai Demokrat.

"Tentu ini semuanya ada proses di internal partai masing-masing. Jadi ini belum keputusan final," bebernya.Juber juga menjelaskan, dirinya bersama partai lainnya akan menindaklanjuti dua nama tersebut ke partai masing-masing, baik itu dari tingkat provinsi sampai ke pusat.

"Artinya, kita tinggal menunggu lagi surat rekomendasi dari pusat di masing-masing partai. Jika Dua nama ini tidak keluar rekomendasinya, pasti kami harus kumpul lagi untuk membahas kembali." jelasnya.

Untuk dua nama tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan yang bersangkutan. Nanti tinggal mereka lagi yang akan menindaklanjutinya secara persuasif dan teknis kepada partai masing-masing yang bergabung dalam koalisi ini.

 "Untuk awal ini sudah dilalui. Tinggal nanti proses surat rekomendasi dan pendaftarannya lagi di KPU," ujarnya.

Untuk diketahui, enam partai yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Tanjabtim, yakni Golkar 4 kursi, PDIP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Gerindra 2 kursi, PBB 1 kursi dan Hanura 1 kursi.
(Loadry Apryaldo)

Artikel Terkait