Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pilu! Nenek Sitti di Polman Tempati Gubuk Kecil dan Makan Nasi Garam

Sitti (65) warga Polman tinggal di Gubuk Kecil dan Makan Nasi Garam
Foto: Sitti (65) warga Polman tinggal di Gubuk Kecil dan Makan Nasi Garam


Polewali Mandar, indometro.id - Malang nasib Sitti (65 Tahun), warga Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Sudah hampir sebulan, dia harus bertahan hidup dalam gubuk berukuran 2x3 meter yang nyaris ambruk.

Gubuk yang berdiri di atas lahan milik warga ini merupakan pemberian orang yang prihatin melihat kondisi Sitti. Sitti tinggal sendiri. Dia tidak memiliki suami dan anak.

"Awalnya saya tinggal bersama saudara, tidak jauh dari sini, kemarin ada warga yang kasihan, dia pinjamkan gardu bekas tempatnya berjualan untuk saya manfaatkan sebagai rumah tinggal," ujar Sitti kepada wartawan, Selasa (05/05/20).

Sehari-hari Sitti bekerja serabutan. Saat musim panen padi tiba, dia kerap berkeliling kampung mencari areal persawahan yang dipanen untuk mengumpulkan sisa-sisa padi yang berserakan. Padi tersebut akan dibawa pulang untuk dijemur dan dijadikan beras.

Namun sejak musim panen usai, diperparah dengan mewabahnya virus Corona, Sitti kebingungan dan memaksanya untuk mengencangkan ikat pinggang demi bertahan hidup.

Nyaris tidak ada yang dapat Sitti lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih sejak pemerintah mengeluarkan imbauan agar warga mengurangi aktifitas di luar rumah demi memutus rantai penularan Corona.

"Sekarang saya tidak bisa berbuat apa-apa, untuk makan sehari-hari, saya mengandalkan belas kasih warga sekitar," ujar Sitti lirih.

Sitti mengaku pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Namun sejak dokumen kependudukan miliknya musnah terbakar, bantuan yang diperolehnya juga ikut musnah.

"Dulu pernah dapat bantuan dari pemerintah, sekarang sudah tidak lagi, pernah saya tanyakan sama pak RT, jawabnya nama saya sudah tidak ada dalam data pusat," katanya sambil mengusap dada.

Sitti (65) warga Polman tinggal di Gubuk Kecil dan Makan Nasi Garam
Sitti (65) warga Polman tinggal di Gubuk Kecil dan Makan Nasi Garam

Saat dikunjungi, Sitti terlihat sedang memasak sisa beras yang dimilikinya. Beras tersebut harus dimasak sesedikit mungkin agar dapur bisa kembali mengepul besok. Lantaran tidak ada uang untuk membeli lauk, Sitti memanfaatkan air sisa memasak nasi sebagai sayur serta sedikit garam untuk memberi rasa.

Diusianya yang tidak lagi muda, Sitti berharap mendapat sedikit dari pemerintah, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.


berita ini dikutip dari : detiknews

Artikel Terkait