Pemerintah Desa Bambadaru, Mamuju Tengah melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Penerima BLT DD - Indometro Media

Berita Terbaru

Friday, May 29, 2020

Pemerintah Desa Bambadaru, Mamuju Tengah melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Penerima BLT DD

Baca Juga

Kepala Desa Bambadaru dan Jajaran


MAMUJU TENGAH, indometro.id - Penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelar di balai Desa Bambadaru Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat turut dihadiri oleh Japari selaku Kepala Desa Bambadaru, beserta jajaran mulai dari, Serikat, BPD, Kepala Dusun, Ketua RW, RT Sedesa Bambadaru,  Babinsa Koramil Topoyo dan Babinkamtibmas Polsek Tobadak, pendamping desa, serta warga Desa Bambadaru (27/05/20)

Bertempat Di Balai Pertemuan Umum(BPU) Desa Bambadaru, Kabupaten Mamuju Tengah, pemerintah desa mengadakan Rapat Pleno Penetapan jumlah Kepala Keluarga penerima BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

Kepala Desa Bambadaru Dalam sambutannya mengatakan Setelah melalu tahapan Pendataan oleh Kepala Dusun dan Ketua RT  di tiap-tiap wilayahnya, maka hari ini kami mengadakan rapat penetapan Penerima BLT Dana Desa meskipun harus sangat berhati-hati menetapkan penerima agar tidak berbenturan dengan aturan dan syarat penerima BLT-DD.

Dalam Rapat Pleno tersebut Kepala Desa menjelaskan, BLT DD ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak wabah virus Corona (Covid-19)
“Rapat khusus ini untuk validasi dan finalisasi data calon penerima BLT-DD Bambadaru tahun 2020, prioritas BLT diberikan kepada masyarakat supaya tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang terdampak Covid-19,” Ucap Japari.

Japari, Menambahkan bahwa penyaluran BLT-DD Tahap I (satu) di Desa Bambadaru terkesan mengalami keterlambatan dikarenakan pemerintah desa harus menunggu data penerima BST (Bansos) tahap II (kedua) untuk menghindari terjadinya dobel data penerima BST dan BLT, karena data BST dari Dinas Sosial masih akan mengalami penambahan calon penerima, pungkasnya.

Dari hasil pantauan pewarta indometro.id, Diketahui bahwa Dana Desa Bambadaru tahun 2020 sebesar Rp.947.411.000 akan dipangkas 30% untuk penyaluran manfaat BLT-DD pada masyarakat terdampak covid-19 sesuai peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama Japari juga menyebutkan bahwa sesuai data yang telah dimiliki oleh Pemerintah Desa Bambadaru terdapat 157 KK yang memenuhi syarat sesuai data NIK di Kartu Kaluarga akan menerima bantuan BLT dengan jumlah anggaran Rp. 282.600.000 selama tiga kali penyaluran.

Japari juga menjelaskan bahwa BLT-DD sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kebijakan-kebijakan yang diberikan dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19, pada masyarakat di Desa terutama para Lansia, janda yang benar miskin, terdampak covid-19, serta korban PHK, Kades Bambadaru juga berharap pada para Kepala Dusun untuk benar-benar akurat dalam penyeleksian para penerima BLT tersebut, jelas Japari
Sedangkan, Penyaluran BLT-DD tahap I (satu) tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini pada minggu pertama bulan juni 2020, tambahnya.

Sementara itu diwaktu yang sama Bintara Lambato Akbar selaku Babinsa desa mengatakan di tengah pandemi ini banyak sekali yang terdampak terutama perekonomian masyarakat, untuk itu ia berharap agar mekanisme dalam pendataan Penerima BLT DD bagi warga masyarakat yang kurang mampu jangan sampai tumpang tindih dan disalurkan sesuai aturan.

Selain itu Babinkamtibmas Bripka Dwika juga berpesan agar masyarakat mentaati himbauan pemerintah. “Terkait pencegahan virus Covid-19 ini, kami minta agar masyarakat mentaati himbauan Pemerintah Jaga jarak, menjauhi kerumunan masa, rajin olah raga dan istirahat yang cukup, gunakan masker bila bepergian keluar rumah.” Pungkasnya.(Demas Laira)

1 comment:

  1. Are you interested in the service of a hacker to get into a phone, facebook account, snapchat, Instagram, yahoo, Whatsapp, get verified on any social network account, increase your followers by any amount, bank wire and bank transfer. Contact him on= ETHICALHACKERS009@GMAIL.COM

    OR WHATSAPP +1 213 295 1376

    ReplyDelete