Ticker

6/recent/Ticker-posts

5 Hal yang Sering Dibahas Masyarakat Terkait Covid-19

Ilustrasi
JAKARTA, indometro.id - Ilmuan dari berbagai negara sudah berusaha menjelaskan virus SARS-CoV-2 atau virus corona jenis baru penyebab penyakit COVID-19. Kenyataannya, sebagian besar masyarakat masih mempertanyakan berbagai hal seputar Covid-19.
Dari sekian banyak hal, lima pertanyaan ini sering terlontar dalam perbincangan masyarakat seperti dilansir COVID-19, indometro.id.
1. Apakah paket kiriman dari wilayah zona merah aman diterima?
Kecil kemungkinan barang komersial terkontaminasi dari orang yang terinfeksi dan kecil juga risiko tertular Virus Porona baru dari paket yang sudah berpindah, berada dalam perjalanan, dan terpapar kondisi serta suhu yang berbeda-beda.

2. Apakah virus Covid-19 dapat menular di daerah iklim panas dan lembab?
Dari bukti yang ada, Virus Corona baru dapat ditularkan di semua area, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembab. Apa pun iklimnya, lakukan tindakan perlindungan jika Anda tinggal di atau bepergian ke area yang ada kasus COVID-19.

Cara terbaik melindungi diri dengan sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Bila tidak tersedia, bisa cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%). Anda bisa menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan. Kemudian menghindari infeksi karena menyentuh mata, mulut, dan hidung.
3. Bagaimana caranya agar rumah aman dari penularan virus corona?
Pastikan keluarga menerapkan perilaku bersih, yaitu sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Lakukan saat mereka tiba di rumah, sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi.
Secara teratur bersihkan permukaan benda-benda yang sering tersentuh tangan, seperti saklar lampu atau gagang pintu dengan lap, tisu atau carian disinfektan. Cuci baju yang telah terpakai dengan deterjen dengan takaran sesuai label.
4. Bagaimana caranya supaya aman saat berada di luar rumah?
Sementara ini, jangan bersalaman dengan orang lain atau saling menyentuh muka tapi gunakan cara bersalaman lain yang aman atau tidak saling menyentuh. Dalam keramaian, semisal di pasar atau di dalam bus, jaga jarak dengan orang lain, minimal sejauh jangkauan lengan (1 meter).
Selalu cuci tangan pakai sabun atau dengan cairan pembersih saat sampai di tempat kerja atau tujuan dan saat sampai kembali di rumah. Bila tersedia cairan pembersih gratis di tempat umum, gunakan untuk membersihkan tangan.
5. Adakah obat khusus untuk mencegah atau mengobati virus corona baru?
Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19). Mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala. Mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit.
Sebagian besar pasien sembuh karena perawatan untuk gejala yang dialami. Beberapa perawatan spesifik saat ini tengah diteliti, dan akan melalui uji klinis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membantu mempercepat penelitian dan pengembangan dengan sejumlah mitra.
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo juga meminta seluruh masyarakat mematuhi dan disiplin secara kolektif ketika menjalani protokol kesehatan dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Kesadaran disiplin bersama-sama itu sangat penting dalam hal upaya memangkas mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.





Berita ini sudah terbit di OKEnews

Artikel Terkait