Ticker

6/recent/Ticker-posts

Jokowi Beri Keringanan Kredit Tukang Ojek, Sopir Taksi dan Nelayan

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara online.
indometro.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para tukang ojek, sopir taksi dan nelayan untuk tidak khawatir terkait kredit yang dimiliki. Pemerintah, menurut dia, memberikan keringanan kepada mereka berupa kelonggaran kredit selama satu tahun.
"Saya kira ini perlu juga disampaikan kepada mereka untuk tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran atau relaksasi selama 1 tahun," kata Jokowi saat memberikan arahan kepada para kepala daerah terkait penanganan virus corona (covid-19) seperti dikutip di akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Kondisi yang kurang lebih sama, menurut dia, juga disampaikan usaha mikro dan kecil. Mereka meminta keringanan kredit. "Kita kemarin juga telah berbicara dengan OJK, OJK akan memberikan kelonggaran, memberikan relaksasi kredit usaha mikro usaha kredit untuk nilai kredit di bawah Rp10 miliar," ujarnya.
Mantan wali kota Solo ini mengatakan, kredit tersebut baik yang diberikan perbankan maupun industri keuangan nonbank. "Akan diberikan penundaan cicilan sampai 1 tahun dan penurunan bunga," kata Jokowi.
Pemerintah, dia mengungkapkan, juga akan membagikan kartu prakerja. Pembaguan kartu tersebut untuk mengantisipasi para pekerja yang kena PHK, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan dan para pengusaha mikro yang kehilangan pasar atau kehilangan omset,
"Alokasi anggaran yang telah kita siapkan adalah Rp10 triliun, itu agar provinsi-provinsi ikut mendukung ini, siapa yang harus diberi, mulai didata dengan baik," ujar Jokowi.

Berita ini sudah terbit di iNews.id