Silangit Lumpuh, Penerbangan Di Kualanamu Terpaksa Di batalkan - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, September 22, 2019

Silangit Lumpuh, Penerbangan Di Kualanamu Terpaksa Di batalkan

Baca Juga

ist

INDOMETRO.ID - Akibat kabut asap yang menyebabkan gangguan jarak pandang, Bandara Sisingamangaraja XII, Silangit, Sumatera Utara, lumpuh. 

Seluruh penerbangan ke dan dari bandara itu dibatalkan, Minggu (22/9). 

Sementara dari Bandara Kualanamu, Medan, sejumlah penerbangan terpaksa dibatalkan.

Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto mengungkapkan, pada Minggu (22/9), jumlah penerbangan yang cancel dan delay masing-masing ada tiga. 

“Update informasi penerbangan delay dan cancel hari ini karena kabut dampak kabut asap, cancel tiga, delay tiga,” ujar Wisnu Budi Setianto.

Penerbangan yang mengalami delay adalah Citilink Tujuan Pekanbaru dengan nomor penerbangan QG928 KNO-PKU, yang dijadwalkan terbang pada pukul 07.50 WIB. 

Pesawat tersebut delay dan baru terbang pada pukul 12.13 WIB. 

Kemudian Lion Air, tujuan Pekanbaru dengan nomor JT140 KNO-PKU. 

Pesawat yang dijadwalkan terbang pukul 10.50 WIB terpaksa delay sampai waktu yang belum ditentukan. Kemudian, Batik Air dari Jakarta- Silangit (Siborong-Borong) dengan nomor penerbangan ID6832 CGK-DTB harus mendarat di Bandara Kualanamu pada pukul 12.18 WIB.

“Tiga penerbangan yang cancel Wings Air IW1296 KNO-DTB (Silangit/Siborong-Siborong), IW1216 KNO-AEG (Padangsidimpuan), dan Citilink QG1934 KNO-AEG,” ungkap Wisnu.
“Visibility Bandara Silangit 1.200 meter, Bandara Aek Godang 500 meter, Bandara Sibolga 1.600 meter, dan Bandara Kualanamu 1.900 meter,” paparnya.

Tak hanya operasi Bandara Kualanamu yang terganggu, tapi juga Bandara Silangit yang berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Sumut. 

Seluruh penerbangan di bandara tersebut harus dibatalkan. 

“Dikarenakan kabut asap, tidak ada pergerakan pesawat di Bandara Silangit. Semua airlines cancel,” ujar Kepala Bandara Silangit Iwan Sutisna, Minggu (22/9).

Total, ada lima penerbangan yang di-cancel di Bandar Silangit. Baik penerbangan dari maupun ke Bandara Silangit. 

“Pesawat yang cancel hari ini, Wings Air IW 1297 KNO – DTB seharusnya berangkat pukul 08.20 WIB; Citilink QG-881 CGK – DTB; Citilink QG-021 HLP – DTB; Sriwijaya SJ 890 CGK – DTB cancel flight karena alasan operasional. Air Asia AK-411 KUL – DTB keberangkatan 11.25 WIB sempat mengudara, namun akhirnya Return To Base kembali ke Kuala Lumpur dan akhirnya cancel flight,” ungkapnya.

Pembatalan jadwal penerbangan itu akibat dampak kabut asap yang mengganggu jarak pandang.

“Dikarenakan visibility, sampai saat ini berdasarkan laporan Unit Meteorologi dan Geofisika Bandara Silangit berkisar 1.500 meter,” tuturnya.

Pelayaran di Danau Toba Belum Terganggu

Kabut asap kiriman dari kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau melanda kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, semakin pekat dari beberapa hari sebelumnya. 

Jarak pandang 400 meter. Meski begitu, aktivitas pelayaran di Danau Toba belum terganggu. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Samosir, dr Nimpan Karo-karo mengimbau warga supaya masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. 

“Kepada masyarakat diimbau agar menggunakan masker. Masyarakat harus perbanyak minum air hangat dan mengurangi aktifitas di luar rumah,” ujar Nimpan.

Kepada masyarakat, apabila ditemukan gejala-gejala sakit, seperti batuk-batuk, infeksi saluran pernapasan (ISPA) untuk segera memeriksakannya ke layanan kesehatan atau konsultasi ke dokter.

”Segera memeriksakan diri ketika ada gejala penyakit pernapasan, akibat asap seperti batuk dan lain-lain,” tukasnya.

Seorang warga Pangururan, Maroloan Nainggolan, mengatakan kabut asap kiriman dari daerah tetangga semakin parah menyelimuti Danau Toba. 

Kami meminta Pemkab Samosir kiranya memberikan perhatian memberikan bantuan masker.

 Berita ini telah di terbitkan dan bersumber dari sumutpos



No comments:

Post a Comment