Pendaki Sibayak Tewas - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, September 22, 2019

Pendaki Sibayak Tewas

Baca Juga

ist

INDOMETRO.ID – Reza Fauzi (28) warga Jalan Adi Mencirim, Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, akhirnya tewas usai kejang-kejang saat mendaki gunung Sibayak, Minggu (22/9). 

Paur Humas Polres Tanah Karo, Aiptu J. Sitepu mengungkapkan, sekitar pukul 10.30 WIB, personel Polsek Simpang Empat menerima informasi dari masyarakat tentang adanya pendaki mengalami hypotermia saat melakukan pendakian di Gunung Sibayak. 

Hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat celcius. 

Nah ketika suhu tubuh berada dibawah normal (37 derajat Celsius), fungsi sistem saraf dan organ tubuh lainnya akan mengalami gangguan. 

Jika tidak segera ditangani, kondisi hypotermia dapat mengakibatkan gagal jantung, gangguan sistem pernapasan, dan bahkan kematian.

Tim gabungan yang terdiri dari personel Polsek Simpang Empat, Basarnas, Koramil Simpang Empat, Polisi Kehutanan, Basarnas Medan, Ranger Sibayak dan masyarakat, berhasil mengevakuasi korban turun dari Gunung Sibayak sekitar pukul 12.45 WIB. 

“Sekira pukul 12.45 WIB, korban dapat dibawa turun dengan menggunakan mobil Dinas Kehutanan Tahura, dalam kondisi sekarat. 

Namun sampai di Rumah Sakit Amanda Berastagi, korban dinyatakan dokter sudah meninggal dunia. 

Pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan,”sebut Sitepu.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun kepolisian, diketahui korban mendaki Gunung Sibayak bersama tiga rekannya, Raka Army Kavadryanto, Gamal Samadu Hasibuan, dan Nanda Syaputra, ketiganya penduduk Kecamatan Medan Krio, pada Minggu dinihari. 

Perlu diketahui, Gunung Sibayak berada sekitar 80 kilometer dari Medan. Suhu di puncak gunung ini bisa mencapai 15 derajat pada malam hari, sedangkan siang hari bisa mencapai 25 derajat atau lebih.


Berita ini telah di terbitkan dan bersumber dari sumutpos

No comments:

Post a Comment