Kota Medan Memasuki Musim Hujan Di Bulan September - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, September 8, 2019

Kota Medan Memasuki Musim Hujan Di Bulan September

Baca Juga

ist


MEDAN, INDOMETRO.ID – Sejak awal September 2019, Kota Medan dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan, umumnya saat sore dan malam hari. 

Hal itu karena Kota Medan dan sejumlah wilayah lainnya memasuki musim hujan. 

Hal ini dipredksi Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) Kota Medan.

“Untuk bulan September ini memang kita prediksi akan mulai masuk ke musim hujan, intensitas curah hujan juga sudah terlihat semakin meningkat dari bulan sebelumnya.

Walau masih bersifat lokal dan belum terlalu merata.

Tapi memang kita prediksi sudah mulai masuk musim hujan,” ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Medan, Erida kepada Sumut Pos, Minggu (8/9). 

Namun, lanjutnya, hal ini memang berbeda bila dilihat dari prediksi cuaca secara global (Nasional) di tanah air.

Kalau secara nasional justru masuk musim kemarau. 

“Tapi Sumatera Utara, termasuk Kota Medan punya Topografi yang berbeda, daerah Kota Medan dan sekitarnya punya banyak lereng-lereng yang membuat cuaca disini bisa berbeda dengan cuaca secara umum di Indonesia,” papar Erida.

Diterangkan Erida, untuk di Kota Medan dan sekitarnya, kondisi curah hujan ini justru diprediksi bukan hanya ada di bulan September. 

Melainkan puncak curah hujan itu sendiri justru diprediksi akan terjadi di bulan Oktober mendatang. “Kita prediksi kondisi ini akan terus berlanjut, dan puncaknya ada di Oktober nanti,” terangnya.

Terkait potensi terjadinya kondisi cuaca buruk atau ekstrem yang menyebakan pohon tumbang dan kondisi lainnya, Erida mengatakan potensi itu selalu ada, walau kemungkinannya tidak besar.

“Kalau namanya potensi ya pasti selalu ada, tapi tidak bisa kita prediksi saat ini dan walaupun kemungkinannya tidak besar. 

Untuk itu sebabnya kami selalu ‘mengupdate’ cuaca terkini setiap harinya kepada rekan-rekan media agar dapat diinformasikan kepada masyarakat,” katanya.

Erida mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungannya, termasuk saat memasuki musim penghujan seperti ini. 

“Tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air di sekitar rumah masing-masing dan lain sebagainya. 

Itu penting karena musim hujan rentan dengan perkembangbiakan vurus dan kuman,” pungkasnya.


Berita ini telah di terbitkan dan bersumber dari sumutpos

No comments:

Post a Comment