-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Gunung Semeru Terbakar, Pusat Api Ada di Kalimati

    redaksi
    Kamis, 19 September 2019, September 19, 2019 WIB Last Updated 2019-09-19T09:06:21Z

    Ads:

    Kebakaran gunung Semeru
    ist

    INDOMETRO.ID – Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur terbakar. 

    Api yang membakar hutan dan lahan di gunung tertinggi di pulau Jawa ini berada di pos Kalimati, atau pos terakhir sebelum pendakian ke puncak Mahameru.

    Dilansir dari VIVAnews, dan dihimpun dari Instagram @saverindo, Kamis, 19 September 2019, menunjukkan api telah membakar pepohonan. Dilihat dari kejauhan, kepulan asap terlihat membumbung tinggi hingga menutupi puncak Mahameru. 

    Belum ada pemadaman yang terlihat di sekitar lokasi kebakaran tersebut.

    "Kebakaran yang dipublish di instagram itu tanggal 18 September 2019 pukul 16.30 WIB. 

    Untuk saat ini Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih menghimbau para pendaki hanya sampai Ranu Kumbolo. 

    Diharapkan teman-teman pendaki tidak memaksakan diri untuk ke Kalimati," tulis @saverindo.
    Akun Instagram @tnbromotenggersemeru, turut menjelaskan kronologi kebakaran di gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut. 

    Sahabat Mentari Tengger,
    Pada tanggal 17-18 September 2019 di RPTN Ranupani telah terjadi kebakaran hutan di blok sumber mani, blok kelik serta blok arcopodo jalur pendakian gunung semeru.
    Untuk penanganan pemadaman api, Kepala Bidang PTN Wil. II telah mengerahkan Tim Gabungan yang terdiri dari Petugas BBTNBTS, Porter, anggota PKL, Tim Evakuasi, Masyarakat Peduli Api (MPA) Ranupani, serta para guide lokal dan relawan yang berada di lokasi kebakaran.

    Tim pemadam terus berupaya untuk memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter, namun dikarenakan medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal, petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan. 

    Kondisi terkini sudah hampir tidak terlihat kepulan asap. Luas kebakaran sementara ini diperkirakan seluas 6 Ha didominasi tumbuhan bawah dan cemara gunung.

    Wilayah Kalimati dan sekitarnya sudah steril dari pendaki. Untuk keamanan para pendaki, saat ini batas aman pendakian hanya sampai Ranu Kumbolo. Besok pagi direncanakan akan kembali dilakukan mop up untuk memastikan bahwa api sudah benar-benar padam.

    Sahabat, mari kita bantu dengan doa agar kondisi segera aman dan segera turun hujan yaa. Aamiin.

    Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan menjadi gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia.

    Semeru masuk dalam Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, dan letaknya berdekatan dengan Gunung Bromo.

    Gunung dengan puncak Mahameru ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. 

    Setiap 10 menit, terjadi letusan vulkanis yang menyembur dari kawah Jonggring Saloko. Beberapa spot yang tidak kalah indah dan menjadi incaran para pendaki, di antaranya Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, dan tentu saja puncak Mahameru.

    Gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) ini, mulai dikenal saat menjadi lokasi syuting film 5 CM, yang diperankan oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Raline Shah, dan Igor Saykoji, pada tahun 2012. Mulai saat itu, gunung Semeru selalu diburu oleh para pecinta ketinggian.

    Berita ini telah di terbitkan,bersumber viva



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini