-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Senin, Jokowi Tinjau Danau Toba

    redaksi
    Sabtu, 27 Juli 2019, Juli 27, 2019 WIB Last Updated 2019-07-27T03:50:59Z

    Ads:

    Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat berada di kawasan Danau Toba, beberapa waktu lalu.

    SAMOSIR,INDOMETRO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau beberapa titik pelaksanaan pekerjaan pembangunan bersumber dari APBN di Kabupaten Samosir, pada Senin (29/7) hingga Rabu (31/7) mendatang. 
    Kunjungan ini merupakan bagian dari 4 destinasi wisata super prioritas yang ditinjau Presiden, yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur.
    Dijadwalkan, Presiden akan tiba di Kabupaten Samosir, Senin (29/7) malam sekira pukul 19.30 WIB. Selanjutnya akan menginap di kawasan Tuktuk, Kecamatan Simanindo. “Tapi, rencana kunjungan kerja Presiden ke Danau Toba itu, kami sedang menunggu konfirmasi finalnya,” kata Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata RI, Jumat (26/7)n
    Kata Guntur Sakti, kali ini Presiden Joko Widodo ingin memastikan ke 4 destinasi ini harus menjadi destinasi kelas dunia dan akselerasi pembangununannya harus selesai tahun 2020 dengan keterlibatan pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.
    Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui Whatsapp kepada media mengungkapkan, ia baru saja mengikuti undangan rapat koordinasi persiapan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Danau Toba pada 29-31 Juli 2019 nanti bersama Kepala Sekretariat Presiden, Jumat (26/7). 

    Disebutnya, rapat itu dipimpin Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dan dihadiri Bupati Samosir, Bupati Taput, Bupati Humbahas dan perwakilan Pemkab Tobasa beserta stakeholder lainnya yakni Kemenko Maritim, Perhubungan, PUPR, Kementerian Pariwisata dan TNI-POLRI.
    “Rencana Pak Presiden akan bermalam di Samosir, serta mengunjungi beberapa destinasi wisata yang akan dikembangkan di Kabupaten Samosir. Serta melihat perkembangan pembangunan beberapa proyek nasional yang ada di Samosir. Semoga Samosir semakin maju… We Love Danau Toba, We Love Samosir,” demikian tulis Rapidin dalam pesan Whatsapp-nya dari Jakarta.
    Selain ke Samosir, Presiden Jokowi juga akan menyinggahi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Hal itu dikatakan Sekdakab Humbahas,Tonny Sihombing, Jumat (26/7).
    Menurut Tonny, rombongan Presiden dengan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja, Direktur BODT akan berkunjung ke objek wisata panorama alam di Sipinsur, Kecamatan Paranginan. “Masih menunggu jadwal resmi dari pihak protokoler ke Presidenan, agar terkonfirmasi dengan jelas,” sebutnya.
    Sembari menunggu jadwal protokoler kunjungan resmi, papar Tonny, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan di beberapa titik lokasi untuk menyesuaikan rundown kunjungan presiden yang resmi.

    Dipromosikan ke 160 Juta Pengguna Grab se-Asia Tenggara

    Untuk mengembangkan destinasi wisata Danau Toba, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyatakan dukungan sepenuhnya dengan memberikan promosi kepada 160 juta penggunanya di Asia Tenggara. “Yang kami akan lakukan tentunya membantu pemasarannya untuk akses kepada jutaan pengguna Grab seluruh Asia Tenggara, ada 160 juta yang sudah unduh aplikasi kita,” kata Ridzki.
    Ridzki mengungkapkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meminta Grab untuk berperan aktif karena mempunyai banyak teknologi untuk mendukung pariwisata di Danau Toba. “Tentunya kita bersedia,” ujar dia.
    Grab untuk mendukung pengembangan destinasi wisata prioritas Danau Toba telah mempunyai layanan penyewaan mobil untuk menuju ke sana, dan pada aplikasinya saat ini juga sudah ada pemesanan hotel di sekitar tujuan. “Kami mempunyai teknologi yang kita sebut grab car rent tadi yang sewa mobil beberapa hari di situ. Lalu di dalam aplikasi kita sudah ada pemesanan hotel,” ucap Ridzki.
    Kemudian Ridzki juga akan memberikan paket wisata yang menarik yang ingin pergi ke Danau Toba sebagai bentuk dukungannya. Seperti memberikan gabungan paket transportasi dan penginapan. “Kemudian nanti mendukung promosi, destinasi-destinasi wisata di sana juga. Kami bisa paketkan dengan program hotel atau grab car rent untuk bisa membantu program tersebut,” ungkapnya.
    Menurut Ridzki, Grab sudah hadir di Sumatera Utara di beberapa kabupaten/kota yakni, Silangit, Balige,Tarutung, dan Siantar. Sehingga ini dinilai sebagai kesiapannya untuk wilayah Danau Toba.
    Program destinasi prioritas Danau Toba akan menjadi percontohan untuk empat tujuan lainnya seperti ada Candi Borobudur ; Jawa Tengah, Mandalika ; Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo; Nusa Tenggara Timur dan Manado ; Sulawesi Utara.
    Promosi Danau Toba ini juga akan semakin mendunia dengan dibukanya rute Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, menuju Bandara Internasional London Heathrow oleh Garuda Indonesia. Dengan dibukanya rute ini, berpotensi mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba sebagai destinasi unggulan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
    “Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali,” kata Regional CEO Sumatera Region Garuda Indonesia, Berthon Hutapea di Medan.
    Ia mengatakan, rute tersebut merupakan bentuk dukungan untuk mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir. Ditargetkan jumlah wisatawan asal Inggris dapat meningkat karena perjalanan langsung ke wilayah Sumatera Utara.
    Dibukanya rute Medan-London untuk mendukung program pemerintah yang telah ditetapkan Presiden Jokowi bahwa Danau Toba adalah 1 dari 10 destinasi wisata unggulan yang dikembangkan untuk wisatawan asing.
    Selain itu dipilihnya Bandara Internasional Kualanamu yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II dikarenakan bandara tersebut merupakan hub penerbangan terpadat yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.
    Rute ini membuat wisatawan maupun calon penumpang yang akan bepergian ke London dipastikan akan transit melalui Bandara Internasional Kualanamu, walaupun berangkat dari Denpasar maupun Jakarta.


    Untuk penerbangan dari Medan ke London maupun sebaliknya, Garuda Indonesia menyiapkan 222 kursi penumpang dengan dua jenis kelas yaitu ekonomi dan bisnis. (sp)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini