BPODT Siap Gelar Lomba Triathlon di Danau Toba - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, July 7, 2019

BPODT Siap Gelar Lomba Triathlon di Danau Toba

Baca Juga

BPODT siap gelar lomba triathlon di Danau Toba
Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia dari Udara, Rimba dan Laut (Ural) SMA Negeri 28 Jakarta‎ meramaikan sport tourism di Danau Toba.
MEDAN,INDOMETRO.IDBadan Pelaksana Otoritas Danau Toba ‎(BPODT) bersiap menggelar lomba triathlon di Danau Toba dengan mengundang atlet-atlet internasional dalam rangka mengembangkan Sport Tourism untuk meningkat kunjungan wisatawan ke danau terbesar di Asia Tenggara itu.

Direktur Utama BPODT, Arie Prasetyo di Samosir, Sumatera Utara, Minggu, mengatakan pihaknya sudah menyusun konsep untuk menggelar triathlon berupa renang, bersepeda dan berlari  yang dijadikan dalam satu paket kompetisi dengan melibatkan atlet nasional maupun internasional, tepatnya dari Amerika Serikat dan Singapura.

‎"Tahun depan, kita akan melaksanakan triathlon Danau Toba, tempat tidak berubah di Samosir. Dengan wisata olahraga ini, Danau Toba bangkit dan ekonomi masyarakat bangkit," tutur Arie.

Para atlet itu selain akan berenang sekitar 2 kilometer tidak jauh dari pesisir, juga akan berlari dan bersepeda. "Untuk lari tidak ada masalah. Kalau bersepeda ada pekerjaan rumah soal jalan. Jalannya sedang dikerjakan Kementerian PU," katanya.

‎"Kita perlu tingkat Sport Tourism atau Pariwisata Olahraga. Bahwa Danau Toba memiliki lokasi yang baik. Tahun lalu, kita ada acara sepeda, lari dan kayak," katanya.

Arie menilai ekspedisi kayak mendorong  peningkatkan Sport Tourism. Karena, ‎olahraga petualang alternatif ini banyak diminati wisatawan dan masyarakat umum.

‎"Hari ini, kita menyaksikan Tim Eksepedisi Pelajar Indonesia  mengelilingi sejauh 135 Kilometer Pulau Samosir dengan tag line Negeri Indah Kepingan Surga," ungkap Arie.

Arie menjelaskan, kegiatan eksepedisi ini, membuktikan perairan Danau Toba ini, aman untuk digelar sport tourism. Namun, dilakukan mengikuti prosedur keamanan dan melihat kondisi cuaca.

"Tahun lalu sempat terjadi hal  kurang  menyenangkan (tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun). Jadi, kita perlu kampanyekan bahwa Danau Toba itu aman," jelas Arie.

Arie menginginkan Sport Tourism tidak dilakukan di daratan saja. Tapi, juga di perairan Danau Vulkanik terbesar di Asia  itu. Termasuk BPODT akan menyiapkan event olahraga tingkat internasional pada tahun depan.(atrnews)

No comments:

Post a Comment