WADUH...Gudang Berisi 785 Kotak Suara Terbakar di Pesisir Selatan Sumbar - Indometro Media

Berita Terbaru

Monday, April 22, 2019

WADUH...Gudang Berisi 785 Kotak Suara Terbakar di Pesisir Selatan Sumbar

Baca Juga

Gudang Berisi 785 Kotak Suara Terbakar di Pesisir Selatan Sumbar
Api menjalar di sekitar kotak suara di sebuah tempat penyimpanan kotak dan kertas suara di Pesisir Selatan.
INDOMETRO.IDGudang penyimpanan kotak suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dilalap api. Sebagian kotak suara terbakar.
Lokasi gudang itu berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Kebakaran itu terjadi pada Senin (22/4/2019) dini hari tadi.
"Kawan-kawan sedang bekerja, sedang dicek mana yang terbakar, mana yang bisa diselamatkan," ujar Komisioner KPUD Kabupaten Pesisir Selatan, Medo Fernando, saat dimintai konfirmasi, Senin (22/4/2019).
Gudang itu menyimpan logistik untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Koto XI Tarusan. Total terdapat 785 kotak suara yang berasal dari 157 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
"Untuk surat suara belum bisa kita pastikan (berapa yang terbakar). Itu belum bisa kita pastikan karena masih ada kantong-kantong surat suara yang sekarang belum bisa dipastikan," imbuh Medo.
Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 01.00 WIB itu menghanguskan 10 kotak suara yang berisikan surat suara sedang dalam rekap data.
"Laporan dari PPK kita di Kantor Camat Tarusan, ada sebanyak 10 Kotak Suara yang terbakar," sebut Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar saat dihubungi KLIKPOSITIF.
Dia mengklaim, saat sejumlah kotak surat tersebut terbakar, KPU setempat dan sejumlah petugas rekapitulasi masih berada di tempat. Sehingga, saat kebakaran terjadi cepat diketahui. "Karena mereka piket di sana, kebakaran cepat diketahui. Sebagian masih bisa terselamatkan," ujarnya.
Usai kebakaran, KPU Pessel langsung melakukan koordinasi dengan polisi di daerah tersebut untuk mengetahui penyebab kebakaran. Namun, hingga saat ini belum diketahui jumlah surat suara dalam kotak yang terbakar tersebut.
"Saat ini sedang diselidiki oleh kepolisian. Ini sudah menjadi antesi kita saat, untuk cepat diketahui apa penyebabnya," tutup Epaldi Bahar.


Sebelumnya, diketahui sedikitnya ada 785 kotak suara dan sekitar 36.000 surat suara yang sedang rekapitulasi di Kantor Camat Sutera terbakar pada Senin dini hari. Rekapitulasi suara dilakukan di lokasi tersebut sejak Jumat 19 April 2019.(rsky)

No comments:

Post a Comment