-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    WOW...Jadi Kado HUT ke-21 BUMN, Tol Tebing Tinggi-Rampah Gratis Hingga 21 April

    redaksi
    Senin, 25 Maret 2019, Maret 25, 2019 WIB Last Updated 2019-03-25T04:06:17Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi, Dirut PT Jasa Marga Desi Arrayani, Dirut PT Inalum Budi Gunadi Sadikin dan lainnya melepas peserta jalan sehat, Minggu (24/3).
    TEBINGTINGGI,INDOMETRO.ID -  Sempat dibuka secara gratis pada mudik Natal dan Tahun Baru 2019 lalu, ruas Jalan Tol Tebingtinggi-Sei Rampah akhirnya diresmikan Menteri BUMN Rini Soemarno, Minggu (24/3). Peresmian ruas tol Tebingtinggi-Sei Rampah ini pun menjadi ‘kado istimewa’, karena bertepatan dengan peringatan HUT ke-21 BUMN yang dipusatkan di Kota Tebingtinggi. Bahkan, pemerintah menggratiskan pemakaian ruas jalan tol Tebingtinggi-Sei Rampah sepanjang 9,33 Km ini mulai 25 Maret hingga 21 April 2019.


    Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, pengoperasian seksi 7 tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) ini dilakukan karena, banyak masyarakat yang menginginkan tol tersebut segera dapat dilalui. “Jadi ada titik-titik kita melihat, sertifikasi; tolnya sudah selesai. Saya bicara sama Ibu Desi (Dirut PT Jasa Marga, Red), masyarakat di Tebingtinggi minta cepat, supaya tolnya segera dioperasikan. Jadi ya udah sekalian diresmikan. Dengan acara BUMN ini kita buka saja,” ujar Rini didamping Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Dirut PT Jasa Marga Desi Arrayani, Dirut PT Inalum.
    Budi Gunadi Sadikin dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati serta para pejabat eselon I BUMN, saat melepas ribuan peserta jalan sehat di Tebingtinggi, yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-21 BUMN yang dipusatkan di Kota Tebing Tinggi.
    BACA JUGA:

    Rini melanjutkan, keputusan untuk menggratiskan tol tersebut pun diputuskan secara spontan. “Terus saya bilang ke Ibu Desi, kita kan lagi ulangtahun. Sudahlah kita gratiskan dulu sampai tanggal 21 April 2019,” imbuhnya.
    Ia menjelaskan, tidak akan ada lagi penutupan jalan tol. Karena sudah dioperasikannya untuk seterusnya. Karena, seksi Tebingtinggi-Sei Rampah ini sudah lulus sertifikasi dari Kementerian PUPR. “Jadi boleh dimanfaatkan dan digunakan masyarakat. Gak pakai gunting-gunting pita, yang penting langsung saja,” ucap Rini sambil tertawa.
    Rini juga sangat berharap, dengan dibukanya gerbang tol Tebingtinggi menuju akses Bandara Kualanamu, Kota Medan dan Belawan tersebut, benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaiknya, terutama dalam kelancaran transportasi. “BUMN adalah milik negara, berarti milik rakyat dan milik kita semua, untuk itu BUMN harus bisa untung untuk diturunkan kepada anak, cucu, cicit di masa yang akan datang,” kata Rini.


    Ruas jalan tol Tebing Tinggi-Sei Rampah merupakan bagian dari Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dengan total panjang keseluruhan 61,7 kilometer. Ruas Kualanamu- Sei Rampah terhubung dengan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa, di mana titik pertemuan antara dua jalan tol tersebut adalah di Tanjung Morawa.Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sendiri merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang terbagi dalam tujuh seksi.
    Dikatakan Rini, ketika baru dilantik menjadi Menteri BUMN oleh presiden, dia diberi amanah BUMN ke depanya harus betul-betul bisa berkiprah sebagai perusahaan yang profesional, dan dapat memperoleh keuntungan. Jika sudah bisa mencetak keuntungan harus bisa berbagi kepada masyarakat. “Presiden juga mengingatkan pembangunan jalan tol di luar Pulau Jawa harus cepat diselesaikan, dan salah satu jalan tol tersebut adalah yang hari ini diresmikan pembukaannya,” ungkap Rini.
    Sementara, Direktur Utama Jasa Marga Tbk, Desi Arryani menambahkan, ruas jalan tol MKTT ini sepanjang 61 km. Dari Total tersebut, 52 km sudah beroperasi. “Memang tinggal satu seksi lagi yang belum. Yang terkahir Sei Rampah Tebingtinggi ini, yaitu seksi tujuh,” katanya.
    Setelah acara ini selesai, lanjutnya, Senin (25/3) dini hari pukul 00.00 tol tersebut akan dioperasikan. Masyarakat sudah bisa menggunakannya. “Kita berikan sosialisasikan ke masyarakat, seperti pesan Bu Menteri tidak akan dikenai tarif sampai 21 April,” jelasnya.
    “Jadi dengan dioperasikan ruas terakhir ini, Tebingtinggi-Sei Rampah, tol Medan–Kualanamu-Tebingtinggi sepanjang 61 kilometer selesai. Sudah dioperasikan semuanya,” imbuhnya.
    Kepada masyarakat, pihaknya mengimbau harus terus mematuhi peraturan lalu lintas. Masyatrakat diminta untuk tidak menyetir dalam kondisi lelah. “Jadi kita jaga, harus safety. Jangan lupa juga etoll, pulsanya disiapkan,” pesannya.
    Laba BUMN Rp190 Triliun

    Di sela kegiatan HUT ke-21 BUMN kemarin, Rini Sumarno juga mengungkapkan, selama 4,5 tahun Presiden RI Jokowi memimpin Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2014 memperoleh keuntungan Rp143 triliun, dan tahun 2018 memperoleh laba di atas Rp 190 triliun.
    “Melalui program pangan murah kami berbagi kepada masyarakat, dan saat ini meluncurkan program bersih-bersih, jika masyarakat bisa mengumpulkan sampah plastik, kaleng-kaleng bisa diganti dengan tabungan emas dari Pegadaian,” katanya.
    Sebelumnya, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) INALUM dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersinergi untuk menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Sinergi Program CSR yang dikemas dengan nama Program Pemberdayaan Masyarakat ini terdiri dari lima kegiatan yaitu Jalan Sehat 5 Km di Jalan Tol Tebingtinggi, Promo Aktivasi LinkAja, Santunan Anak Yatim, Khitanan Anak Taqwa serta Bersih-bersih Kampung Bersama BUMN.
    Rini menjelaskan bahwa Kementerian BUMN memiliki tanggung jawab dalam kepedulian sosial. “Acara yang dibuat dalam rangka HUT Kementerian BUMN ini menunjukkan bahwa BUMN ke depannya harus betul – betul bisa berkiprah sebagai perusahaan profesional yang dapat mencetak keuntungan namun juga bisa berbagi kepada masyarakat,” ujar Rini dalam sambutannya saat melepas sekitar 1.500 peserta jalan sehat yang mayoritas berasal dari warga sekitar Jalan Tol Tebingtinggi.
    Hal ini selaras dengan komitmen INALUM dan Jasa Marga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya dari sisi kinerja namun juga dalam tanggung jawab sosialnya, selaras dengan semboyan “BUMN Hadir Untuk Negeri”.
    Direktur Utama INALUM Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa selain meningkatkan kesejahteraan, rangkaian kegiatan ini juga dilakukan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. “Pada HUT ke-21 Kementerian BUMN ini kami melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya di Tebing Tinggi yang memiliki hubungan historis dengan INALUM sejak awal konstruksi di tahun 1970-an dan tentunya hal ini juga selaras dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri,” jelas Budi.
    Selain itu, pada tahun 2018 INALUM yang telah berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari realisasi dana PKBL dan CSR yang telah disalurkan pada tahun 2018 sebesar Rp 29 Miliar.
    Program rutin seperti pengobatan gratis, perbaikan sarana ibadah, pembuatan sumur bor, pembuatan posyandu, bantuan meubelier dan sarana pendidikan untuk sekolah-sekolah di sekitar Perusahaan masih tetap terus dijalankan oleh INALUM sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.
    Dalam rangka pelestarian alam, INALUM bersama dengan PT Inhutani IV (Persero) dan LSM melakukan penghijauan dengan menanam pohon sebanyak 450 Ha lahan kritis di sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.
    Selain itu, dalam perayaan hari besar keagamaan pada tahun 2018, INALUM juga telah menyalurkan Sembako Gratis pada Bulan Ramadhan sebanyak 5.000 paket di 10 Kabupaten/Kota dan 3 wilayah pengembangan INALUM, sedangkan untuk natal INALUM akan kembali melaksanakan program sembako gratis seperti tahun-tahun sebelumnya.
    Selain Menteri BUMN, turut hadir dalam acara ini adalah Walikota Tebing Tinggi, Sekretaris Kementerian BUMN, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Jajaran Direksi INALUM, Jajaran Direksi Jasa Marga, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) serta Direktur Utama PT PTPN II (Persero).


    Seusai kegiatan jalan sehat, INALUM dan Jasa Marga mengadakan kegiatan penjualan 2.100 paket pangan murah untuk warga Kota Tebingtinggi yang terbagi di Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi dan Terminal Bandar Kajum.
    INALUM dan Jasa Marga pun juga turut memberikan santunan kepada 100 anak yatim dan menyelenggarakan khitananan 100 anak taqwa bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H Kumpulan Pane. Rangkaian Program Pemberdayaan Masyarakat ditutup dengan kunjungan ke Pasar Gambir yang merupakan program Bersih-Bersih Kampung bersama BUMN.
    Ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan INALUM dan Jasa Marga untuk program padat karya tunai bekerjasama dengan warga setempat sejumlah 210 orang di dua tempat sekaligus, yaitu Pasar Gambir dan Pasar Bandar Sakti.
    INALUM dan Jasa Marga berharap dengan diadakannya program-program dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN ini dapat memberikan kontribusi bukti nyata kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang juga dapat memberikan manfaat bagi BUMN secara keseluruhan. (sp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini