Tersesat Dalam Pasar Bebas, Pidato Jokowi Tak Selesaikan Masalah

Tersesat Dalam Pasar Bebas, Pidato Jokowi Tak Selesaikan Masalah
Jokowi
INDOMETRO.ID -  Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan tahunan IMF-WB di Bali beberapa hari lalu tidak menyelesaikan masalah perekonomian baik nasional maupun global di mana tersesat dalam sistem pasar bebas.

Demikian disampaikan pengamat ekonomi politik Ichsanuddin Noorsy saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (15/10).

“Sodoran Jokowi itu tidak menyelesaikan masalah-masalah yang ada saat ini akibat tersesat dalam sistem ekonomi pasar bebas,” ungkap Ichsan.

Pengamat yang dikenal kritis ini menyebut pasar bebas yang hakikatnya berbasiskan konflik merupakan buah dari sistem materialisme yang juga induk dari kapitalisme.

BACA JUGA:

KPK Amankan 10 Orang dan Uang Rp1 Miliar dari OTT Bekasi


“Sebenarnya sistem itu sudah gagal dan sebenarnya barat juga sudah mengalami keputusasaan,” ujarnya.

Sambung dia, hal itu pernah disampaikan oleh Robert J Shiller, pemenang nobel ekonomi tahun 2013 dan Jeffrey D Sachs yang menyebut situasi ekonomi global kekinian sebagai wujud putus asanya Barat dalam menghadapi krisis sejak 2008.

“Jadi kesalahan Jokowi dan penulis naskah pidato Jokowi yang di dalamnya merujuk Games of Thrones tidak melihat itu semua,” pungkasnya. (rmol)
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama