-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Harimau Mangsa Sapi Masyarakat

    redaksi
    Sabtu, 25 Agustus 2018, Agustus 25, 2018 WIB Last Updated 2018-08-25T07:37:35Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    DIMANGSA: Seekor sapi warga ditemukan mati karena dimangsa harimau yang masuk ke pumukiman penduduk.
    LANGKAT,INDOMETRO.ID - Hewan buas yang diyakini harimau memangsa sapi milik Jumiran (54), warga  Dusun VIII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Kamis (23/8).
    Masuknya hewan buas ke daerah pumukiman penduduk, membuat warga cemas dan terus berjaga-jaga.
    Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), YHWA ,WCS, anggota Polsek Bahorok, pihak Kecamatan Bahorok dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bahorok Pontius Gad Munthe, turun ke lokasi kejadian.
    Dari lokasi, mereka menemukan seekor sapi mati dengan kondisi mengenaskan. Di tubuh sapi, terdapat gigitan dan cakaran dibagian tengkuk/ leher bagian atas, kemudian bagian ekor koyak dan daging hilang sekitar 10 kg.
    BACA JUGA:

    Menurut Jumiran, sapi miliknya tersebut sengaja diasingkan dari kawanannya karena memasuki masa subur. Malam harinya masih diawasinya hingga sekira pukul 05.00 WIB Jumiran juga melihat sapi masih hidup. “Saya memang ada mendengar suara Harimau, ternyata hewan saya yang dimangsanya,” ujar Jumiran.
    Dirinya berharap, agar kejadan serupa tidak terjadi karena mencemaskan masyarakat. “Takutnya bukan hewan saja diterkam, makanya kami cemas dan berharap pemerintah segera bertindak,” harapnya.
    Terpisah, kejadian ini membuat pihak BBKSDA dan tim memasang kamera Trap untuk memantau pergerakan satwa liar tersebut, serta mendirikan pos pengawasan sekitar 1 km dari lokasi Jumiran ditemukan mati untuk satu  minggu ke depan.
    Kepala BBKSDA Sumatera Utara Hotmauli Sianturi,  melalui Kasi KSDA Wilayah II Stabat, Herbert BP Aritonang meminta kepada masyarakat agar tetap mempercayakan penanganan konflik satwa liar ini kepada instansi berwenang.
    “Tim gabungan sudah  berada di lokasi yang terdiri dari BBKSDA, BBTNGL, WCS dan beberapa mitra pemerhati dan ahli satwa liar jenis harimau, “ katanya
    Dijelaskan Herbert, tim akan melakukan upaya maksimal agar satwa liar tidak memasuki areal pemukiman dengan berbagai peralatan dan teknik yang dimiliki.
    “Masyarakat jangan melakukan tindakan sendiri yang justru bisa membahayakan diri sendiri,” pesan Herbert agar warga tidak ke hutan.(sp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini