-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Hadapi Lonjakan Arus Mudik, Forkopimda Batang dan Kapolres Siapkan Strategi Oneway

    SATRIA WAHYU KUSUMA
    Sabtu, 06 April 2024, April 06, 2024 WIB Last Updated 2024-04-06T10:33:38Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Indometro.id, Batang - Dalam mengantisipasi arus mudik menjelang Idulfitri 2024, Forkopimda Kabupaten Batang bersama Kapolres Batang melakukan pemantauan intensif terhadap arus mudik pada Jumat (5/4/2024).


    Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan bahwa, situasi terpantau masih relatif lancar pada Jumat sore, 5 April 2024, meskipun telah terjadi peningkatan arus lalu lintas, khususnya kendaraan pribadi yang menuju Semarang dari arah Jakarta.


    “Hasil pantauan kami di Rest Area 379A menunjukkan bahwa saat ini arus lalu lintas sudah mulai mengalami peningkatan, terutama kendaraan pribadi yang menuju ke Semarang dari arah Jakarta,” ujarnya.


    Untuk menghadapi lonjakan arus mudik, pihak kepolisian telah menyiapkan berbagai strategi, termasuk penerapan sistem oneway. 


    "Kami telah melakukan persiapan segala sesuatu, mulai dari penunjuk arah hingga imbauan yang dipasang di jalan raya, terutama di entry dan exit Kandeman serta Kalibeluk," tambahnya.

    Selain itu, kegiatan patroli telah dijadwalkan mulai pukul 15.00 WIB pada Jumat untuk memantau jalur pantura dan tol. 


    "Apabila ada komando untuk One Way, kegiatan pertama yang akan kami lakukan adalah mengosongkan jalur B, terutama kendaraan yang akan keluar di exit Tol Kandeman," jelasnya. 


    Sementara itu, kegiatan kepolisian lainnya telah terjadwal mulai pukul 15.00 WIB pada Jumat, untuk melaksanakan patroli baik di jalur pantura maupun di jalur Tol.


    “Apabila ada komando untuk One Way, kegiatan pertama yang akan kami lakukan adalah mengosongkan jalur B, terutama kendaraan yang akan keluar di exit Tol Kandeman. Jika ada kendaraan di rest area yang berada di jalur B, kami juga akan mengosongkannya,” jelasnya


    Dalam hal penumpukan di Rest Area, langkah-langkah antisipasi telah disiapkan. 


    "Jika ada penumpukan di Rest Area, ada 4 langkah. Kita antisipasi nanti dalam pantauan status landai, kemudian kita lakukan imbauan membatasi waktu istirahat, kemudian jika sudah mencapai 80 persen kita akan lakukan sistem buka tutup, tapi jika sudah 100 persen maka kita akan tutup," paparnya.

    Sementara itu, Pj Bupati Kabupaten Batang, Lani Dwi Rejeki, menegaskan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan beberapa pos kesehatan di berbagai titik baik di Pantura maupun di rest area tol. 


    "Sudah kita sediakan lengkap dengan tenaga medis dan obat-obatan, kita juga menyediakan beberapa ambulans di beberapa titik," tegasnya.


    Kapolres Batang juga menyampaikan bahwa ketersediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umu (SPBU) sangat mencukupi. Hal ini diketahui setelah kepolisian melakukan operasi lintas sektoral di beberapa SPBU di Batang.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini