-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    BNN Kota Tebing Tinggi Sampaikan Target dan Capaian Kinerja di Akhir Tahun 2023

    Redaksi
    Rabu, 20 Desember 2023, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-20T14:06:29Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Tebing Tinggi, Indometro.id -


    Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tebing Tinggi menggelar konferensi pers bersama awak media, di Kantor BNN Kota Tebing Tinggi, Jalan H M Yamin, SH. Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi, Rabu (20/12/2023).

    Kepada awak media, Kepala BNN Kota Tebing Tinggi AKBP Alexander S Soeki, S.Sos, MH  didampingi  stafnya menyampaikan beberapa poin terkait dengan penanganan narkotika di Kota Tebing Tinggi selama dari awal bulan Januari hingga Desember 2023.

    Lewat penyampaiannya, alokasi anggaran untuk penanganan kasus narkotika dengan ketersediaan alokasi anggaran yang ada, BNN Kota Tebing Tinggi berbuat dan bekerja dalam rangka untuk bisa menanggulangi permasalahan kasus narkotika.

    BNN Kota Tebing Tinggi mempunyai dua program yaitu Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya dan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

    "Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya di Sub Bagian Umum BNN Kota Tebing Tinggi pada Tahun Anggaran 2023 dengan pagu sebesar  Rp1.196.267.000,- dan realisasi sampai  dengan  31 Desember 2023  sebesar Rp978.901.347,- atau persentase sebesar 99,90%. Sementara dalam pelaksanaan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan  dan  Peredaran  Gelap  Narkoba  (P4GN) penyerapan anggaran  sebesar Rp641.444.000,-  atau  sebesar  99,83  %  dengan sisa  anggaran sebesar Rp1.108.500," terang Alexander. 

    Untuk target dan capaian nilai kerja anggaran (NKA) pada Tahun 2023 adalah 88, dan pada realisasinya BNN Kota Tebing Tinggi mampu mencapai target sebanyak 97.26% kategori "Sangat Baik" dengan capaian target sebesar 110, 52%, IKPA dengan capaian target  sebesar  103,  98%.

    Sie P2M BNN Kota Tebing Tinggi bertugas sebagai ujung tombak BNN dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat lewat program-program prioritas nasional maupun non prioritas nasional sebagai upaya untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang ada di Kota Tebing Tinggi yakni, melalui;

    1.Pembentukan RTS (Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika) sebanyak 10 orang yang berasal dari SMA dan SMK se kota Tebing Tinggi. 

    2.Pembinaan Ketahanan Keluarga Anti Narkotika  dengan membentuk 5 Keluarga yang berasal  dari  kelurahan  bersinar  yakni, 4 dari Kelurahan Karya Jaya dan 1 dari Kelurahan Mekar Sentosa. 

    3.Pembinan Desa/Kelurahan  Bersinar yakni Kelurahan Karya Jaya, dan Kelurahan Mekar    Sentosayang keduanya berada di Kecamatan Rambutan. 

    4.Indeks Ketahanan Diri Remaja (Dektari), BNNK  Tebing  Tinggi  berhasil  mencapai  target  Dektari  sebesar 54.46  (Sangat  Tinggi)  dengan  total  responden sebanyak 505 orang.

    5.Indeks Ketahanan Keluarga  (Dektara), BNN  Kota Tebing Tinggi saat ini berada pada skor 73.482  (Rendah). Penurunan skor dektara terjadi disebabkan responden kurang memahami setiap pertanyaan dari survey yang diberikan.

    6.Pembentukan Penggiat Anti Narkotika, dimana 25 orang penggiat berasal dari lingkungan swasta dan 25 orang penggiat berasal dari lingkunganp Pendidikan.

    7.Deteksi Dini, sebanyak 94 kali dengan total jumlah perserta sebanyak 767 orang dan memperoleh hasil positif narkotika sebanyak 163 orang. 

    8.IKP (Indeks Kemandirian Partisipasi), pada tahun 2023  BNNK Tebing Tinggi memperoleh target IKP sebesar 3.395 (Mandiri) .

    9.IKOTAN (Indeks Kota Tanggap Ancaman Narkoba) masih dalam proses.

    10. Sosialisasi dan Edukasi P4GN Secara Tatap Muka.

    Sementara capaian kinerja dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, BNN Kota Tebing Tinggi memiliki target berkas perkara sebanyak 2 berkas perkara, dan pada realisasinya mampu memperoleh 7 berkas perkara dengan capaian target sebanyak 
    350%. 

    "Tujuh berkas perkara tersebut terdiri dari 7 tersangka yang diamankan dari 3 TKP dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 4.89 gram, untuk layanan asesmen terpadu yang telah dilakukan oleh Tim Asesmen adalah sebanyak 3 orang. Dan pada realisasainya BNN Kota Tebing Tinggi mampu mencapai target sebanyak 15 orang dengan capaian target sebanyak 500%, lalu hasil razia 30  kali giat total yang dites urine berjumlah 367 orang dan ditemukan 136 orang positif narkoba," sebutnya. 

    Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tebing Tinggi pada tahun 2023 mendapat target penilaian Indeks  Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai  3,50.  Dari hasil penilaian yang dilakukan kepada 54 orang klien yang menjalani rehabilitasi rawat jalan di BNN Kota Tebing Tinggi dan 20 orang klien yang menjalani rehabilitasi di unit IBM dengan nilai 3,68 kategori A, "Sangat Baik".

    Di akhir paparannya, Kepala BNN Kota Tebing Tinggi AKBP Alexander S Soeki menyampaikan hasil evaluasi perkembangan klien pasca rehabilitasi, didapati 20 orang mengalami peningkatan kualitas hidup.

    "Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa 100 %, klien pascarehabilitasi mengalami peningkatan kualitas hidup," tandasnya. 

    Turut hadir dalam kegiatan, Kasubbag Umum Awaluddin Damanik S.ST, Katin P2M Hendi Pangaribuan SH, Katin Brantas Ipda Diki dan Katin Rehabilitasi Mahsuriani Saragih S.SI APT.





    (IY)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini