-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    IAIN Lhokseumawe Kembali Luluskan 520 Wisudawan/i angkatan VIII Tahun 2023, 207 Lulus Predikat Cumlaude

    Rabu, 22 November 2023, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T03:18:12Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Lhokseumawe, Indometro.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe kembali mengukuhkan 520 wisudawan angkatan VIII Tahun Akademik 2023/2024, di gedung serbaguna kampus setempat, Rabu (22/11/2023) yang berlangsung khidmat.

    Rinciannya Pascarjana S2 sebanyak : 120, kemudian Sarjana S1 terdiri dari Fakutas Syariah (FASYA) : 57, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) : 217, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) :  65 dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) : 61.

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Lhokseumawe, Dr. Iskandar, M.Si menyebutkan jumlah dari 520 wisudawan, diantaranya sebanyak 207 lulusan dengan Predikat Cumlaude, 302 lulusan dengan Predikat Sangat Memuaskan dan 11 lulusan dengan Predikat Memuaskan, tuturnya.

    Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag dalam sambutannya menuturkan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe ini berdiri megah dan gagah di wilayah kerajaan Samudera Pasai di atas bentangan tanah seluas 32 ha. Sejarah mencatat bahwa di antara kegemilangan peradaban yang dimiliki Samudera Pasai adalah kebahagiaan dan kesejahteraan hidup masyarakatnya. 

    "Kebahagiaan melukiskan tingginya perhatian pemimpin saat itu kepada pembangunan ruhaniah (spiritual, emosional dan intelektual) manusia, sedangkan kesejahteraan menggambarkan keberhasilan dalam pembangunan jasmaniah (material) umat. Hal inilah yang mengantarkan kerajaan ini menjadi kosmopolitan yang memiliki pengaruh melampaui Asia Tenggara,"jelas Rektor 

    Dia menambahkan, bahwa dalam mewujudkan cita-cita di atas meniscayakan 3 (tiga) kesadaran penting, yaitu; kesadaran terhadap masa silam, sekarang, dan masa depan. Kesadaran terhadap masa silam adalah kesadaran kepada berbagai kemajuan yang pernah dan berhasil kita capai serta berbagai kekurangan dan kelemahan yang akan kita sempurnakan. 

    Kesadaran terhadap masa sekarang/ kekinian adalah kecermatan dan kecerdasan dalam memahami dan menggunakan seluruh potensi dan kelebihan yang kita miliki untuk membangun dan mengembangkan institusi yang menjadi permata hati dan kebanggaan masyarakat Aceh ini.

    “IAIN Lhokseumawe memiliki lahan seluas 32 ha, 60% Sumber Daya Manusia (SDM) masih muda, energik dan berpengalaman dengan pengalaman kerja paling sedikit 10 tahun, memiliki 23 jurusan/prodi (19 jurusan pendidikan sarjana dan 4 program studi pascasarjana), akreditasi institusi bernilai Baik Sekali, 9% Jurusan terakreditasi A, 64% terakreditasi B, 27% terakreditasi Baik/C, 56 Dosen bergelar Doktor, 24 Lektor Kepala, pluralitas dosen (lulusan dalam dan luar negeri di berbagai universitas yang tersebar di 5 (lima) benua dengan latar belakang suku/ ras serta  asal mahasiswa, keluasan jaringan, dan kebersamaan/ kekompakan.”ungkap Rektor.

    Lanjut Danial, jika semua potensi dan khazanah sangat berharga tersebut terintegrasi dan bersinergi akan melahirkan kekuatan dahsyat untuk membangun institusi tercinta ini melalui visi dan misi sebagai kampus peradaban. 
    Berbagai pencapaian Rektor IAIN Lhokseumawe selama 3 (tiga) tahun terakhir terhitung dari tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan sekarang, yaitu:
    1. Akreditasi Intitusi dari C menjadi Baik Sekali.
    2. Jumlah Dosen dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dari 12 orang menjadi 24 orang.
    3. Jumlah Dosen yang bergelar Doktor dari 43 orang menjadi 61 orang.
    4. Jurnal dari ISSN tidak terakreditasi menjadi 4 terindeks SINTA dan Tahun ini InsyaAllah akan bertambah 5, sehingga menjadi 9 Jurnal.
    5. Sudah memiliki RIP, Renstra dan Renop yang menjadi pedoman Pembangunan dan Pengembangan IAIN Lhokseumawe.
    6. Alih Bentuk dari IAIN Lhokseumawe menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah sekarang sudah pada tahap di MENPAN-RB.
    7.  Pembangunan Gedung Pascasarjana.
    8. Pembangunan Jalan Lintas Gedung Serbaguna ke FEBI dan dari FEBI ke FTIK.
    9. Total Mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang mengikuti Wisuda Angkatan VIII Tahun 2023 sebanyak 520 Orang, terdiri dari 207 Orang Mahasiswa dengan Predikat Cumlaude, 302 Orang Mahasiswa dengan Predikat Sangat Memuaskan dan 11 Orang Mahasiswa dengan Predikat Memuaskan.
    Terakhir, Rektor juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah dikukuhkan, semoga dapat mengimplementasikan keilmuannya dan bermanfaat bagi semuanya. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini