-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Antisipasi Guantibmas Dan Hadapi Dampak EL-NINO Sat Samapta Polres Langsa Ajak Petani Bangun Penampungan Air

    Kamis, 24 Agustus 2023, Agustus 24, 2023 WIB Last Updated 2023-08-24T13:23:34Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    LANGSA, Indometro.Id- Untuk Antisipasi Guantibmas dan menghadapi dampak kekeringan El Nino, Sejumlah Personil dari Sat Samapta Polres Langsa Patroli Sambang ke Lahan Pertanian masyarakat yang berada diwilayah hukum Polres langsa. 

    Salah satunya personil menyasar di lokasi lahan Cabai milik Pak Hasan Basri yang berada di Gampong Batee Puteh Kecamatan Langsa Lama dengan tujuan untuk melihat situasi dan kondisi akibat dampak kekurangan air akibat cuaca tak menentu. Kamis (24/08/2023). 

    Saat personil Sat Samapta Polres Langsa Sambangi dan berdialog dengan Pemilik lahan Cabai, dan menemukan warga mengeluh bahwa tanaman cabai di ladangnya kurang maksimal akibat cuaca tidak menentu, sehingga hasil dari panen cabainya kurang maksimal karena dampak kekurangan air.


    Mengetahui situasi tersebut, Para personil mengajak warga untuk bersama-sama membangun Sumur bor dan penampungan air yang lebih besar di area perkebunan. 

    Karena pada saat dilokasi para personil melihat Lahan warga tersebut tidak jauh dari rumah warga dan mudah mendapatkan aliran Listrik untuk dipasangkan Mesin penarik Air.

    Bripka Kurnianda yang menjabat sebagai Kasubnit II Dalmas dari Sat Samapta Polres Langsa ini mengatakan," Dia dulu, juga memiliki pengalaman, pasalnya ianya juga pernah membatu neneknya bertani di Aceh timur dan kejadiannya pun sama seperti yang dialami warga setempat. Setelah dibangun Sumur bor dan tempat penampungan yang agak besar, alhamdulillah lahan milik neneknya tidak ada lagi kendala dengan air.

    Dari pengalamannya itu, kemudian, Para personil Patroli dari Sat Samapta Polres Langsa mengajak warga khususnya pak Hasan Basri untuk mengebor sumber air dan penampungan yang agak lebih besar agar para petani cabai bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan untuk kepentingan dan pengairan di lahan cabai dan tidak ketergantungan lagi dengan air hujan untuk   menyiram tanaman.

    kapolres Langsa AKBP Muhammadun,S.H., melalui Kasat Samapta AKP, Dasril, S.E., menjelaskan," saat ini, kondisi cuaca sedang mengalami fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian Tengah (El Nino).

    "Walaupun belum semua daerah terjangkau, namun Kasat Sampapta Polres Langsa AKP, Dasril, menerjunkan Anggota nya untuk Patroli Sambang ke wilayah Hukum Polres Langsa , khususnya ke petani dan warga yang tinggal di pesisir agar dapat segera kita cegah untuk mengantisipasi dan mengatasi kekeringan, kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin melalui Personi Sat Samapta," Pungkas Dasril.(RI) 



     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini