-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Sampah Menumpuk Di Pinggir Jalan Desa Air itam

    Selasa, 07 Februari 2023, Februari 07, 2023 WIB Last Updated 2023-02-07T07:14:37Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     


    PALI -indometro.id Permasalahan Sampah yang dianggap tak penting oleh kita semua, akan tetapi sebenarnya Sampah merupakan hal yang penting, bisa berdampak kepada Pencemaran Lingkungan.



    Dari pantauan awak media, ada beberapa titik pinggiran Jalan di desa, masih terdapat sampah, ini terjadi di Pinggiran Sungai Air Itam Kecamatan Penukal.



    Menurut Pasal 60 UU PPLH: Setiap orang dilarang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin.



    Dan Pasal 104 UU PPLH: Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).




    Madi Apriadi, S.Pd.I, M.Pd, masyarakat Air Itam, dan Dosen di UIN Raden Fatah Palembang mengatakan masalah sampah di desa Air itam ini sebenarnya sudah sangat lama sekali menjadi perhatian kami namun tidak ada penyelesaiannya.



    Bukan hanya di desa Air Itam saja Kecamatan Penukal, akan tetapi kita jumpai di beberapa desa yang ada di Kabupaten PALI.



    Ia menuturkan sangat menyayangkan pemerintah mengabaikan masalah isu lingkungan hidup di masyarakat.



    "Dengan demikian sudah seharusnya pemerintah kabupaten, bisa memperhatikan permasalahan ini dengan serius, " pungkasnya merupakan Putra Asli Air Itam ini.




    Namun kami tidak mau sekedar mengkritik dan saling menyalahkan tentang masalah ini. Karena kepedulian kami terhadap kondisi daerah, maka ini merupakan sudah tanggung jawab kita bersama.



    Masih katanya, dirinya bersama masyarakat lainnya, mendatangi PT. ABURAHMI, untuk silaturahmi dan sekaligus meminta bantuan mereka untuk mengangkat tumpukan sampah itu ke tempat pembuangan akhir TPA.



    Setelah jalan bersih tidak ada sampah, nanti akan kami siapkan BOX DUM SAMPAH bantuan dari keluarga besar kami secara pribadi untuk masyarakat desa Air Itam.



    Ia berharap semoga ini semua menjadi solusi untuk permasalahan ini, dan berharap kedepannya pemerintah kabupaten kecamatan dan desa harus peka dengan isu-isu lingkungan, sosial, agama dan lainnya sehingga dapat menyelesaikannya dengan cepat serta tepat.



    Pada akhirnya marilah kita semua bergenggaman tangan baik pemerintah, masyarakat dan intansi serta perusahaan yang ada di Pali untuk bersatu menuntaskan permasalahan yang ada di masyarakat untuk kemajuan kita semua.



    " Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan yang ada didesa, dan kalu dak pacak membersihkan jangan ngotori jadilah, " ajaknya.

    (Usman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini