-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Wakil Bupati Humbahas Hadiri Hakordia di Medan

    Jumat, 02 Desember 2022, Desember 02, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T17:47:13Z

    Ads:


     Humbang Hasundutan, Indometro.id,-

    Wakil Bupati (Wabup) Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH hadiri acara Hakordia (Hari Anti Korupsi Sedunia) 2022 di Medan bertempat di Lapangan Astaka dan GOR Indoor Pemprovsu yang diselenggarakan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Selasa (29/11/2022).


    Kegiatan yang cukup menarik dan meriah itu, juga diikuti antara lain Gubsu Edy Rahmayadi, Dankosek I Medan Marsma TNI Mohammad Nurdin, Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra, Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah,  Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Wagub Sumbar Audy Zoinaldy dan undangan lainnya. 

    Kemudian, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menandatangani komitmen anti korupsi bersama enam kepala daerah yang termasuk ke dalam wilayah I Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) yaitu Provinsi  Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu. 


    Komitmen itu berbunyi antara lain pertama, memimpin perubahan dan memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya kepada seluruh masyarakat dalam terang integritas dan tanpa suap, gratifikasi yang dianggap suap, pemerasan dan pungutan liar. Kedua, mendukung sepenuhnya peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan dengan tersedianya saluran dan mekanisme pengaduan masyarakat termasuk saluran pengaduan secara anonim. Ketiga, memimpin upaya pencegahan korupsi di masing-masing provinsi yang dipimpin dan termonitor melalui Monitoring Centre for Prevention (MCP), termasuk menolak dan mencegah korupsi di titik rawan korupsi.


    Sejalan dengan komitmen tersebut, Edy Rahmayadi pun meminta KPK untuk terus mengawasi  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Sehingga kinerja tata kelola pemerintahan Pemprov Sumut terus baik, sehingga kesejahteraan pun akan terwujud. 

    Edy menambahkan, dalam pengawasannya, KPK telah membuat beberapa rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar penyelenggara pemerintahan. Pertama yang berurusan dengan pengadaan barang dan jasa. Kedua jual beli jabatan. Ketiga, gratifikasi, dan keempat suap menyuap. Serta kelima penggelembungan dari perencanaan sampai pertanggungjawaban untuk kepentingan pribadi. “Saya merasa bangga lantaran  dipilihnya Sumut sebagai Tuan Rumah Road to Hakordia wilayah I. Kita memperingati Hakordia ini sebagai pengingat kita, semoga ini bukan hanya seremonial saja, " ujar Edy. 


    Pada kesempatan tersebut, Pemprov Sumut juga meluncurkan Whistleblowing System. Program ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk pengaduan atau pelaporan tindak pidana korupsi di Pemprov Sumut. Aplikasi tersebut juga terintegrasi dengan KPK RI. Road to Hakordia 2022 dibuka dengan pemukulan gondang sembilan oleh Gubernur Edy Rahmayadi dengan Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata beserta kepala daerah yang hadir. Usai penandatanganan komitmen bersama antikorupsi, para tamu disuguhi dengan tarian yang mewakili tujuh provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

    Kemudian, Gubsu dan undangan lainnya meninjau booth atau stand pameran. Salah satu yang ditinjau Gubsu, Kapoldasu dan Wakil Ketua KPK RI adalah booth Pemkab Humbahas. Kehadiran Gubsu dan rombongan disambut Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH dan Inspektur Kabupaten Drs Bilson P Siahaan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini