-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Miliki TPST dan Perdes, Cangkingan Siap Jadi Desa Terbersih di Indramayu

Kamis, 06 Oktober 2022, Oktober 06, 2022 WIB Last Updated 2022-10-06T12:43:38Z
iklan disini :






 INDRAMAYU, indometro.Id - Memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sebagai tempat untuk menangani sampah, Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder siap menjadi desa terbersih di Kabupaten Indramayu.


Kesiapan tersebut terungkap ketika berlangsung kunjungan lapangan Tim Penilai Lomba Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Desa Cangkingan, Rabu (5/10/2022).


Dalam kunjungannya tersebut, tim dibuat takjub dengan kebersihan di lingkungan Kantor Desa Cangkingan. Selain di kantor desa, tim juga mengamati lingkungan sekitarnya yang dinilai sangat bersih dan asri.


Ketakjubannya semakin bertambah ketika tim melihat langsung TPST. Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Desa Cangkingan merupakan upaya untuk mengurangi timbulan sampah di masyarakat dengan mengumpulkannya dan memilah sampah yang masih bisa didaur ulang dan yang tidak.


Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi menjelaskan, keberadaan TPST ini tidak menganggu warga sekitarnya karena hasil dari proses pembakaran telah dilakukan filter dengan menggunakan air. Selanjutnya juga dari TPST ini bisa menghasilkan magot sebagai pakan burung/ikan dan lainnya.


Didi menambahkan, untuk menciptakan semangat kebersihan ditengah masyarakat, pihaknya bekerjasama dengan pihak lain untuk terus menggalakan gerakan cinta kebersihan dan lingkungan. 


Selain itu, Desa Cangkingan juga telah memiliki Perdes tentang pengelolaan sampah dan penataan lingkungan yang dijadikan sebagai dasar regulasi untuk mengatur dan mengarahkan masyarakat desa untuk berpartisipasi dalam kebersihan.


Ketua Tim Penilai yang juga Analisis Penyuluhan dan Layanan Informasi DLH Indramayu Kusnadi  mengatakan, keberadaan TPST Desa Cangkingan harus bisa ditiru oleh desa lainnya. Pasalnya dengan TPST di masing-masing desa bisa mengurangi volume sampah di TPA Pecuk.


"Ini sangat luar biasa, Desa Cangkingan memiliki TPST yang bisa mengurangi dan mengolah sampah dimulai dari desa. Kami berharap desa lainnya juga bisa melakukan hal yang sama sehingga bisa mengurangi sampah di TPA Pecuk," kata Kusnadi.


Sementara itu Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi mengatakan, pihaknya optimis Desa Cangkingan menjadi terbersih di Kabupaten Indramayu karena telah memiliki semuanya mulai dari regulasi, kebijakan, dan kerjasama dengan pihak lain dalam mengelola sampah dan penataan lingkungan. 



(Heri) 

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+