-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Bangun Jiwa Antikorupsi, Sejak Anak Usia Dini

    Sabtu, 17 September 2022, September 17, 2022 WIB Last Updated 2022-09-17T06:47:32Z

    Ads:



    OKI, Indometro.id-

    Dalam upaya memberikan pemahaman terkait sosialisasi, pemberantasan, dan program-program antikorupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi 2022. Dengan jalan mengedukasi seluruh kalangan masyarakat. Mengikut sertakan pelajar se-kabupaten sebagai wujud dukungan dan partisipasi dalam kegiatan ini. Mulai dari anak anak TK/PAUD, SD, remaja hingga Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang tentu saja bentuk edukasinya beragam dan disesuaikan dengan kalangan usia. 


    Sebanyak 100 orang anak-anak TK/PAUD, perwakilan dari sekolah masing masing, sangat antusias hadir di area Kantor Pemkab OKI kemarin, guna ikut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan Roadshow Bus KPK RI. Peserta dari anak-anak TK/PAUD ini mengikuti sosialisasi diantaranya, mendengarkan dongeng anti korupsi .

    " Dongeng merupakan salah satu media penyampaian yang efektif untuk penanaman karakter bagi anak-anak," kata Wawan Wardiana, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI.


    Dirinya menerangkan, berbagai strategi dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pencegahan korupsi salah satunya dengan mengenalkan nilai-nilai antikorupsi kepada anak usia dini melalui dongeng.

    "Anak anak akan mengingat nilai-nilai yang ada dalam dongeng itu dengan mudah, karena ada gambaran yang jelas melalui media yang fun tersebut," ucap Wawan.

    Sementara, Kepala PG/TK IT Al Azhar, Kayuagung, Kabupaten OKI,  M Saleh SE mengatakan PAUD/TK itu diedukasi dengan pemutaran  dongeng yang berkaitan dengan anti korupsi.


    " Kenalkan nilai Antikorupsi sejak dini, seperti lewat dongeng. Kegiatan tersebut sangat penting untuk menanamkan karakter atau nilai-nilai luhur, agar dapat dipupuk sejak usia dini. Nilai-nilai itu adalah jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras," terangnya

    Menurut Saleh, Nilai-nilai ini dapat dikenalkan kepada anak-anak dengan kegiatan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Pencegahan paling efektif itu mulai dari keluarga, pungkasnya

    " Kejujuran sangat penting di usia dini, mereka yang korupsi karena terbiasa tidak jujur sejak kecil, karena korupsi bukan hanya soal uang melainkan menghargai waktu dan berbicara jujur," terangnya
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini