-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Malam 1 Suro, Balawangi Lestarikan Adat Budaya Baritan Takir Plontang

Sabtu, 30 Juli 2022, Juli 30, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T14:46:29Z
iklan disini :




Banyuwangi, Indometro.id - Masyarakat dusun sidoagung, desa karetan kecamatan purwoharjo antusias mengikuti gelaran budaya tradisi Baritan Takir Plontang yang diprakarsai oleh ormas Balawangi (pembela adat dan budaya Banyuwangi), Jumat (29/07/2022).


Ketua Umum Balawangi Agus Setyawan mengatakan, tradisi baritan ini sudah ada sejak jaman nenek moyang, sudah dilakukan turun temurun. Ritual ini akan digelar setiap tahun sebagai bentuk pelestarian budaya.


“Selain sebagai bentuk pelestarian budaya, kegiatan ini sekaligus upaya untuk merajut keberagaman diwilayah Banyuwangi selatan mengingat masyarakatnya yang Majemuk" ujarnya.


Masih Agus, Ritual ini kami laksanakan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas kenikmatan yang telah diberikan, serta memohon perlindungan dari segala macam keburukan yang kapan saja bisa datang menimpa". Tambahnya.


Setelah menyantap sajian menu takir Plontang Dalam kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan struktur baru ormas balawangi yang meliputi wilayah kecamatan purwoharjo.


Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran pengurus dewan pimpinan pusat balawangi, pengurus korwil/korcam, anggota dan tokoh masyarakat setempat. (*)

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+