-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Gelar Monev, Disparbudkepora Bangka Belitung Pastikan Dana Hibah Benar-benar Digunakan untuk Kegiatan

Selasa, 12 Juli 2022, Juli 12, 2022 WIB Last Updated 2022-07-12T09:29:47Z
iklan disini :



Tim monev Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Disparbudkepora Provinsi Bangka Belitung bersama pengurus DPD KNPI Babel. (Foto: reza w)

BANGKA BELITUNG, Indometro.id - Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan, melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) penyerapan anggaran dana hibah untuk DPD KNPI Provinsi Babel semester pertama.


Hal itu dilakukan terkait dengan telah dicairkannya dana hibah dan pelaksanaan Program Kerja DPD KNPI Provinsi Babel tahun anggaran 2022.


Giat monitoring yang dilaksanakan Senin (11/7/2022), dihadiri Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Disparbudkepora Babel Pairus, didampingi Sub Koordinator Pemberdayaan Pemuda Harry Wahyudi, Sub Koordinator Pengembangan Pemuda Wijayanti Budi Lestari, dan Sub Koordinator Kepramukaan Christ Mareti.


Dalam laporannya, Ketua KNPI Provinsi Babel Periode 2021-2024, Remil YS, mengatakan dana hibah yang digunakan sudah mencapai 42 persen.


Alokasi dana tersebut, kata dia, lebih banyak digunakan untuk kegiatan sekretariat.


Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Disparbudkepora Babel, Pairus, mengatakan kegiatan evaluasi merupakan tugas bidang kepemudaan sebagai bahan laporan kepada kepala daerah melalui inspektorat. Sekaligus langkah untuk memastikan bahwa kegiatan di KNPI berjalan baik.


“Kehadiran kami dalam rangka silaturahmi dan mengevaluasi ulang sejauh mana kegiatan KNPI yang sudah dilakukan pada tahun ini,” ujarnya.


Pairus juga menambahkan, selain terkait dana hibah agar Pengurus KNPI dapat memanfaatkan aplikasi sibumi.babelprov.go.id, dalam menginventarisir data-data Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP). Melalui aplikasi tersebut dapat diketahui Indeks Pembangunan Pemuda di Babel.


“Dengan memanfaatkan aplikasi Sibumi, kami bisa mendapatkan data-data KNPI atau kegiatan kepemudaan Babel, serta memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan menjadikannya lebih efektif dan efisien,” kata Pairus.


Giat monev Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Babel penyerapan dana hibah untuk DPD KNPI Babel. (Foto: reza w)

Dalam kesempatan yang sama, Sub Koordinator Pemberdayaan Pemuda Harry Wahyudi, menyampaikan hasil kesepakatan RKPD dengan Bappeda bahwa output rencana kerja (renja) tahun 2022-2024 meliputi peran aktif pemuda dan pemuda yang berwirausaha.  


Ditambahkannya, melalui kegiatan KNPI Goes to Campus/School, Bidang Kepemudaan Disparbudkepora Babel memiliki data dari setiap kampus yang dibentuk oleh sebuah pengurus dinaungi KNPI, menjadi ukuran kinerja di Babel, khususnya untuk menaikkan Indeks Pembangunan Pemuda, sebagai peran aktif pemuda dalam berorganisasi.


“Kami merasa perlu untuk menyampaikan kepada KNPI agar outputnya menjadi sinergis, di mana dana diterima KNPI memiliki output yang juga bisa menjadi ouput kepemudaan, sehingga IPP Babel bisa  meningkat,” terang Wahyudi. (khalimo, reza).

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+