-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Cegah PMK, Prajurit Kodim 0822 Bondowoso Ikuti Sosialisasi

Senin, 04 Juli 2022, Juli 04, 2022 WIB Last Updated 2022-07-04T07:03:28Z
iklan disini :



Bondowoso - indometro.id.
Prajurit yang Kodim 0822/Bondowoso menerima Sosialisasi PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) dari Dinas Peternakan Kab. Bondowoso dengan narasumber Kepala Dinas Peternakan Bondowoso H. Muhammad Halil, S.Pt., Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Jenderal Sudirman Kodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Prov. Jatim, Senin (4/7/2022). 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Bondowoso, H. Muhammad Halil, S.Pt., menyampaikan, "Penyakit mulut dan kuku disingkat PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, rusa/kijang, onta dan gajah. Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi. Di dunia internasional, penyakit PMK disebut foot and mouth disease yang disingkat dengan FMD. Penyakit PMK atau FMD disebabkan oleh virus yang dinamai virus penyakit mulut dan kuku (virus PMK) atau foot and mouth diseases virus (FMDV). Virus ini masuk dalam famili Picornaviridae dan genus Aphtovirus (MacLachlan & Dubovi 2017).

Penyakit PMK ini tidak ditularkan ke manusia atau bukan penyakit zoonosis sehingga yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah jangan sampai penyakit ini menyebar antar-ternak yang peka dan jangan sampai manusia menjadi perantara atau penyebar kepada hewan yang peka. Pada manusia sendiri, tidak menimbulkan penyakit, namun dampaknya adalah pada hewan peka. Hewan yang peka terhadap PMK adalah sapi, kerbau, kambing, domba, rusa, babi, unta dan beberapa jenis hewan liar seperti bison, antelope, jerapah dan gajah. Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit hewan menular yang paling penting dan paling ditakuti oleh semua negara di dunia. Penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat dan mampu melampaui batas negara serta dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi," tutup Kadis Peternakan Bondowoso. 

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M. Tr.(Hanla) yang diwakili Pj. Pasiops Kapten Arm Edi Mulyono mengatakan, “Kami ucapakan terima kasih kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso atas kerjasamanya dengan mengadakan sosialisasi tentang Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak kepada masyarakat Bondowoso,” ungkapnya.

“Dengan adanya Sosialisasi ini kami selaku aparat kewilayahan mendapatkan ilmu arti tentang bahaya dan pencegahan PMK dan mengharapkan kepada masyarakat Bondowoso yang mayoritasnya memiliki hewan ternak seperti Sapi di harapkan untuk tidak panik serta menangkal adanya berita Hoak terkait PMK,“ tambahnya.

“Jaga kebersihan kandang hewan ternak serta bila gejala-gejala tentang PMK pada hewan ternaknya, diharapkan segera melaporkan kepada pihak-pihak terkait termasuk pihak Pemdes. Kami selaku aparat Kewilayahan tidak sampek terjadi PMK kepada Hewan Ternak warga, karena hewan ternak termasuk salah satu penunjang ekonomi masyarakat, ” tutupnya. 

(Pendim0822/AR).
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+