-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo Sambut Kunjungan Kerja Danrem 023/KS

    Teguh Andika Simanjuntak
    Rabu, 11 Mei 2022, Mei 11, 2022 WIB Last Updated 2022-05-12T03:13:39Z

    Ads:



    Tanah Karo, Indometro.id - 

    Bupati Karo Cory S Sebayang dan Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting bersama unsur Forkopimda Kabupaten Karo menerima kunjungan kerja Danrem 023/Kawal Samudera Kolonel Inf. Dody Triwinarto, S.I.P., M. Han. ke Makodim 0205/TK pada Selasa (10/5/2022).

    Kunjungan ini  merupakan kali pertama dalam rangka silaturahmi dengan jajaran Kodim 0205/TK dan Forkopimda Kabupaten Karo. 

    Pemerintah Kabupaten Karo mengapresiasi kunjungan Danrem 023/Kawal Samudera ke Makodim 0205/TK dan juga berterimakasih kepada TNI yang telah banyak berkolaborasi dengan Pemkab. Karo, baik dari berbagai situasi dan pembangunan di Kabupaten Karo.

    Pemerintah Kabupaten Karo berharap semoga silaturahmi bersama  unsur Forkopimda memberikan dampak positif.

    Kegiatan ini  dilanjutkan dengan sosialisasi Penyiapan Lahan Usaha Tani di Losd Desa Pertibi Lama Kecamatan Merek yang bertujuan untuk relokasi pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung. 

    Dalam paparannya, Kepala Pelaksana BPBD Kab.Karo, Juspri M. Nadeak menyampaikan bahwa akibat dari erupsi Gunung Sinabung , masyarakat yang berada disekitarnya harus dimobilisasi ke tempat yang aman. Pemerintah Kabupaten Karo menetapkan kawasan agropolitan Siosar sebagai tempat relokasi bagi masyarakat yang terdampak erupsi yaitu Desa Bakerah, Desa Simacem dan Desa Sukameriah. 

    Pada Tahap  I Pemerintah membangun hunian tetap bagi para korban erupsi Gunung Sinabung dan juga disiapkan lahan usaha pertanian yang memanfaatkan kawasan hutan di sekitar agropolitan Siosar melalui mekanisme Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan dan Tukar Menukar Kawasan Hutan. Melalui proses yang panjang sampai pada akhirnya diambil keputusan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat untuk menetapkan lokasi yang terletak diantara perluasan kawasan Siosar dan Sibuaten. 

    Lokasi tersebut ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 7 Maret 2017 dengan luas 480 Hektar dengan skema Tukar Menukar Kawasan Hutan (TMKH) yang artinya ada daerah yang di hutankan kembali kemudian Hutan Produksi Terbatas yang lokasinya diperluas Siosar-Sibuaten dilepas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

    Untuk 4 Desa yaitu Mardinding, Lau Kawar, Sukanalu dan Singgarang-garang masih ditanggung oleh Pemerintah sampai saat ini.  Kemudian untuk persiapan itu sendiri pada awalnya digunakan dana dari Pemerintah Pusat dan karena masa pemanfaatannya sudah berakhir pada 27 Juli 2021 terpaksa beban untuk menyelesaikan usaha tani ini di bebankan ke Anggara Pendapatan dan Belanja Darah Kabupaten Karo. 

    “Dikarenakan  pada 2 tahun terakhir ini adanya pandemi Covid-19 semua kegiatan terkendala dan banyak harus dikerjakan sehingga kegiatan ini belum terselesaikan dimana lahan relokasi dan lahan usaha tani belum bisa bisa diberikan kepada masayarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung Pemerintah Kabupaten Karo terpaksa harus menanggung biaya sewa lahan dan sewa rumah selama masyarakat 4 Desa yaitu Mardinding, Sukanalu,  Singgarang-garang dan Lau Kawar,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Karo Juspri M. Nadeak. 

    Pemerintah Kabupaten Karo berharap hal ini menjadi pertimbangan bersama demi pembangunan Kabupaten Karo menjadi yang lebih baik.

    Dan dilanjutkan dengan acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TA 2022 di Puncak Pelangkah Gading Desa Kutambaru Kecamatan Munte pada Rabu (11/5/2022).

    Kegiatan ini merupakan program TNI bersama Pemerintah Kabupaten Karo dan masyarakat untuk membantu dan membangun daerah khusunya daerah pariwisata di Kabupaten Karo. 

    Kegiatan TMMD Kodim 0205/TK di mulai pada 11 Mei 2022 sampai dengan 9 Juni 2022 dengan sasaran TMMD sebagai berikut; Pembukaan badan jalan sepanjang 2 KM (Desa Kutambaru menuju Desa Gunung Saribu), Pembentukan pelebaran jalan sepanjang 8 KM (dari Desa Kutambaru menuju Desa Gunung Saribu), Pembuatan gorong-gorong 8 titik, Pembuatan jembatan 1 unit, Penyuluhan HIV Aids, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Kamtibnas, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Peternakan dan Pengobatan massal. 

    Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Danrem 023/KS dan Kodim 0205/TK serta tim pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan ini dan berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membawa hal yang positif untuk pembangunan yang ada  Kabupaten Karo sehingga dapat berjalan dengan baik. 

    (T.A.S)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini