-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Handphone

    redaksi
    Kamis, 14 April 2022, April 14, 2022 WIB Last Updated 2022-04-14T05:01:21Z

    Ads:

    sumber : viva.co.id

    indometro.id - Membuat blog (weblog) tak hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer/PC dan laptop, tapi juga bisa dengan hp atau ponsel. 

    Cara membuatnya kurang lebih sama, dimulai dengan mendaftar, memilih template, dan mulai blogging atau menulis post demi post. Istilah weblog, menurut Wired, diperkenalkan oleh Jorn Barger pada 1997. 

    Pada 1999, Peter Merholz mempopulerkan istilah blog, yang kemudian jadi inspirasi Evan Williams dari Pyra Labs saat meluncurkan Blogger pada 2002, salah satu platform blog gratis populer saat ini selain Wordpress. Blog memiliki banyak jenis, salah satunya sebagai media untuk menyalurkan pemikiran pribadi. 

    Blog pribadi bisa disebut sebagai buku harian online yang ditulis personal bukan korporasi atau organisasi.

    Terkait platform, ada dua nama yang populer digunakan, yakni Blogger dan Wordpress. Nama terakhir lebih muda dari Blogger, yang dirilis pada 2005. 

    Blogger sendiri telah menjadi milik Google yang mengakuisisinya pada 2003 dari Pyra Labs. Berikut ini cara membuat blog pribadi menggunakan hp di platform Blogger dan Wordpress.

    Blogger Buka aplikasi peramban atau browser dan kunjungi situs web Blogger di alamat https://www.blogger.com/ Di landing page, pilih menu CREATE YOUR BLOG Berikutnya, login menggunakan akun Google yang dimiliki. 

    Jika belum, bisa mendaftar saat itu juga Tulis Nama Tampilan di kolom yang disediakan, jika sudah tap Lanjutkan ke Blogger Di laman berikutnya, pilih menu BUAT BLOG BARU Akan muncul pop-up yang meminta mengisi judul atau nama blog, alamat blog, dan memilih template blog. 

    Jika semua sudah dilakukan, pilih menu Buat Blog! Berikutnya, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Blogger Jika ingin mulai posting, pilih menu Entri Baru Selesai 

    Wordpress Buka aplikasi peramban ponsel dan kunjungi situs web Wordpress di alamat https://id.wordpress.com/ Di landing page, pilih menu MULAI Berikutnya, login menggunakan akun Wordpress. 

    Jika tak memilikinya, silakan mendaftar dahulu Di laman berikutnya pilih jenis layanan Blog kemudian pilih topik blog yang akan dibuat, misalnya Film, lalu tap Lanjutkan Berikutnya, isi nama atau judul blog di kotak yang tersedia kemudian pilih Lanjutkan Isi alamat blog yang dikehendaki, misalnya "percobaan". 

    Di bagian alamat, pilih domain (gratis) "percobaan.wordpress.com" Berikutnya, Wordpress akan menawarkan paket, dan pilih Start with a free site lantaran ini layanan yang ditawarkan gratis Lalu, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Wordpress Jika ingin mulai posting, pilih menu Tulis yang letaknya di pojok kanan atas Dashboard Selesai Sebagai informasi, Blogger dan Wordpress juga tersedia aplikasinya di perangkat bergerak, baik itu untuk Android dan iOS. 

    Dengan demikian, aktivitas blogging tak hanya dapat dilakukan via peramban tapi juga melalui aplikasi itu. 

    Selain kualitas konten, seperti dikutip dari The Write Life, salah satu kunci sukses blogging, termasuk di blog pribadi, adalah konsisten. Sebab, kotinuitas dalam menulis (posting) akan mencegah aktivitas blogging berhenti di tengah jalan.

    Artikel ini telah tayang di tirto.id

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini